Genjot Inovasi Layanan, BTN Kolaborasi dengan Google Cloud dan Multipolar Technology

JAKARTA, 23 Agustus 2022 – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) terus melakukan inovasi layanan digital untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan memberikan kenyamanan kepada nasabah dalam bertransaksi. Untuk mewujudkan hal tersebut, Bank BTN sebagai bank dengan pangsa pasar KPR terbesar di Indonesia, secara resmi menjalin kolaborasi dalam penerapan Teknologi Komputasi Cloud dengan Google Cloud melalui partner lokalnya, PT Multipolar Technology Tbk (Multipolar Technology).

“Kolaborasi ini telah berjalan sejak kuartal 1 tahun 2022, dalam rangka mempercepat transformasi dan pemutakhiran layanan digital untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” ujar Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto dalam jumpa pers penandatanganan kerja sama antara Bank BTN dengan Google Cloud Indonesia di Jakarta, Selasa (23/8).

Menurut Andi Nirwoto, teknologi cloud mampu memberikan keunggulan berupa keandalan teknologi digital pada perusahaan sesuai dengan yang dibutuhkan, yang pada akhirnya meningkatkan daya saing serta kemampuan memberikan layanan yang lebih baik kepada para pelanggan, khususnya dalam upaya menjaring generasi milenial. “Kami memahami tidak hanya diperlukan tekad yang kuat dan kerja keras yang nyata, tetapi juga pentingnya kolaborasi dengan penyedia teknologi inovasi yang tepat sambil tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, agar BTN dapat selalu yang terdepan dalam menyediakan layanan modern dan inovasi digital yang terpercaya,” tuturnya.

Andi menambahkan, untuk mewujudkan cita-cita Bank BTN menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia di tahun 2025, Perseroan perlu melakukan ekspansi yang cepat dan modernisasi proses bisnis. Untuk itu, digitalisasi bukan lagi pilihan tetapi keharusan, dan hal tersebut akan lebih mudah direalisasikan melalui teknologi informasi berbasis Cloud, meskipun ini mulai dari yang simpel dan tidak besar.

“Kolaborasi dengan Google Cloud, adalah langkah penting bagi BTN menjadi inovator dalam layanan digital, transformasi digital yang lebih cepat, pengelolaan operasional yang lebih andal, dan biaya investasi yang relatif lebih baik. Yang juga tidak kalah penting adalah untuk menarik talenta-talenta terbaik Indonesia dari generasi milenial dengan pemanfaatan teknologi terkini,” tambah Andi. Meskipun demikian, BTN akan tetap terbuka untuk kolaborasi dengan partner lain sesuai dengan value dari pemanfaatan Cloud Computing.

Megawaty Khie, Country Director, Google Cloud Indonesia, mengatakan: “Google Cloud telah berinvestasi dalam infrastruktur dan layanan cloud lokal yang terbuka, skalabel, aman, dan berkelanjutan untuk memungkinkan perusahaan di industri yang sangat diatur seperti layanan keuangan untuk mempercepat inovasi dan memberikan pengalaman menarik ke generasi baru pengguna, sekaligus memenuhi persyaratan peraturan dan kepatuhan. Dengan bank-bank di seluruh dunia – termasuk di Indonesia – berencana untuk melipatgandakan penggunaan cloud mereka pada tahun 2025, kami bangga bahwa banyak yang telah memilih Google Cloud untuk mengatasi tantangan transformasi bisnis mereka yang paling kompleks.”

“Kami merasa terhormat BTN telah memilih Google Cloud sebagai penyedia layanan cloud terpercaya pilihan mereka. Bersama dengan mitra kami Multipolar Technology, kami berkomitmen untuk membantu BTN mencapai efisiensi operasional baru dan memenuhi harapan konsumen digital untuk layanan perbankan yang selalu aktif, personal, sederhana, dan aman. Dengan menerapkan perlindungan internal dan modern yang sama yang digunakan Google untuk mengamankan aplikasi dan datanya sendiri pada skala global, BTN akan mendapatkan keuntungan dari tingkat keamanan yang lebih tinggi yang hanya dapat dibangun oleh beberapa organisasi sendiri, sehingga memungkinkan pelanggan mereka untuk melakukan transaksi bank dengan aman, dan dengan memberikan Peace of Mind, Security, dan Compliance”, tambah Khie.

Direktur Account Management FSI & Commercial Multipolar Technology, Herryyanto menambahkan, sesuai roadmap pengembangan perbankan Indonesia 2020-2025 dari OJK, salah satu inisiatifnya terkait teknologi informasi perbankan adalah pemanfaatan Cloud sebagai “Game Changer”. Pengalaman Multipolar Technology sebagai penyedia solusi teknologi informasi sejak 1975 dengan salah satu fokus di industri perbankan, dapat menjadi nilai tambah bagi implementasi layanan Google Cloud di tanah air.

“Multipolar Technology sangat mendukung inisiatif BTN untuk menjadi bank dengan inovasi dalam layanan digital yang modern. Kami yakin dengan penerapan teknologi Cloud, akan semakin memajukan langkah BTN untuk menghadapi market yang sangat dinamis, bervariasi, dan memiliki banyak tantangan baru. Dengan kolaborasi bersama Google Cloud, BTN akan memperoleh world class best practice, yang didukung mitra lokal yang berpengalaman,” tambah Herryyanto.

Empat Fokus Inisiatif Strategi Bisnis PT Multipolar Technology Tbk Guna Dukung Pertumbuhan Ekonomi Digital 

SIARAN PERS

Tangerang, 11 Mei 2022 – PT Multipolar Technology Tbk (“Perseroan”), salah satu perusahaan System Integrator ternama di Indonesia, menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) secara daring hari ini (11/5) untuk menyepakati Laporan Tahunan tahun buku 2021 dan pembagian dividen tunai. Perseroan membukukan laba bruto Rp437,58 miliar dan laba tahun berjalan Rp260,87 miliar, naik 62,39% dari tahun sebelumnya, serta membagikan dividen sebesar Rp253,13 miliar atas 1.875.000.000 saham atau Rp135 per lembar saham. Dalam kesempatan ini juga Perseroan memaparkan empat fokus inisiatif strategi bisnis yang akan dijalankan di tahun 2022. 

Pandemi yang berkepanjangan mendorong percepatan transformasi digital di berbagai sektor industri. Hal ini berdampak pada meningkatnya permintaan teknologi informasi yang mendukung produk atau layanan berbasis digital untuk memenuhi tuntutan pelanggan. “Perseroan terus berupaya memperluas target pasar melalui diversifikasi produk dan layanan guna memenuhi kebutuhan pelanggan dalam membangun ketahanan digital. Dan kami bersyukur tetap dapat menunjukkan kinerja positif dan komitmen yang tinggi untuk memberikan hasil terbaik bagi para pemegang saham,” papar Wahyudi Chandra, Presiden Direktur Perseroan.  

Sepanjang tahun 2021 Perseroan berhasil secara konsisten mempertahankan pertumbuhan penjualannya, dengan kontribusi terbesar didapat dari penjualan Hardware, Software, Professional Services, dan Managed Services, serta berfokus mendorong pertumbuhan penjualan solusi berbasis konsumsi (consumption-based solution) dan professional services dengan laba bruto yang relatif lebih baik. “Strategi yang kami terapkan sudah mulai membuahkan hasil, baik dari sisi pelanggan, solusi, dan sumber daya, yang selaras dengan perubahan di sisi pelanggan dan juga principal kami,” tambah Wahyudi.  

Meningkatnya kompleksitas dari sisi ekspektasi pelanggan, principal, termasuk pemegang saham, mendorong Perseroan dalam merumuskan empat fokus inisiatif strategi bisnis yang akan dijalankan di tahun 2022 ini, yaitu:  

    1. Memperkuat dan memperluas basis pelanggan 
    2. Meningkatkan kapabilitas di teknologi baru 
    3. Mengembangkan sumber daya manusia dan keunggulan operasional 
    4. Memperluas portofolio digital dan teknologi  

Di sisi perluasan portofolio digital dan teknologi, Perseroan menunjukkan komitmennya dengan mengembangkan solusi inovatif yang mengoptimalkan tren teknologi terkini seperti Big Data dan Analytics, Cloud, Security, dan Digital Banking. Beberapa inisiatif telah dilakukan, mulai dari pengembangan kompetensi solusi big data dan analytics pada area data lake platform, ETL, dan analytics berbasis Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), serta visualization. Untuk solusi digital banking, Perseroan telah menjalin kemitraan dengan penyedia solusi platform digital core banking, mengembangkan sendiri surrounding modules dan Open Banking API guna mendukung tren bisnis perbankan digital. “Kami akan terus mendorong penjualan solusi dengan tambahan services, membangun solusi dengan intellectual property (IP) di atas solusi dari principal, dan meningkatkan pendapatan dari bisnis berbasis konsumsi (consumption-based business). Hal ini sangat menantang dan tidak mudah, namun merupakan keharusan untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan meningkatkan laba bruto,” jelas Wahyudi. 

Guna mendukung transformasi digital dan tren hybrid working, Perseroan menjalin kemitraan strategis dengan para penyedia solusi cloud global, termasuk mengembangkan fokus di sektor asuransi dengan menyediakan solusi asuransi berbasis cloud dan di sektor ritel dengan solusi berbasis IoT (Internet of Things). Selain itu, Perseroan juga menyediakan solusi untuk meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan fleksibilitas kerja seperti Infrastructure-as-a Service (IaaS), Platform-as-a-Service (PaaS), dan Software-as-a-Service (SaaS). Di sisi lain, dengan gencarnya pemanfaatan teknologi, maka keamanan siber pun harus semakin dijaga. Perseroan melihat peluang ini dengan memperkuat kompetensi solusi di bidang network dan perimeter security, internet security, dan data security agar siap menjawab kebutuhan pasar. Peningkatan level kemitraan dengan principal dan pengembangan kompetensi sumber daya juga dilakukan sebagai bukti komitmen Perseroan dalam menyediakan solusi dan kinerja terbaiknya bagi pelanggan. 

 

### 

 

Tentang PT Multipolar Technology Tbk 

PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) – salah satu anak usaha dari PT Multipolar Tbk (MLPL) – adalah IT System Integrator terkemuka sejak 1975 dan mitra terpercaya dalam perencanaan, perancangan dan pengembangan teknologi digital inovatif di sektor Perbankan dan Keuangan, Komersial, Telekomunikasi, Publik, Layanan Kesehatan dan Pendidikan. Multipolar Technology memiliki kompetensi dan pengalaman yang mumpuni di area Hybrid Infrastructure Platforms & Services, Hybrid Integration Platforms & Services, Business Solution Platforms & Services, Digital Insights, Customer Experience Platforms & Services, Strategy & Planning, serta Security Platforms & Services Platform, termasuk Digital IT Managed Services melalui PT Visionet Data Internasional (VisioNet/VDI).  

Sejak 8 Juli 2013 PT Multipolar Technology Tbk telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (kode saham MLPT), dan merupakan mitra terpercaya dari perusahaan teknologi global seperti Cisco, F5, Google, HPE, IBM, Lenovo, Microsoft, NCR, Nutanix, Oracle dan VMware, dan telah bersertifikasi ISO. Informasi lebih lanjut kunjungi www.multipolar.com dan ikuti media sosial kami di Twitter @MultipolarTech, Instagram @multipolartechnology, LinkedIn dan Facebook PT Multipolar Technology Tbk, YouTube Multipolar Technology, Spotify TechLign Podcast. 

 

Informasi lebih lanjut hubungi: 

Corporate Secretary 

PT MULTIPOLAR TECHNOLOGY Tbk 

Boulevard Gajah Mada No. 2025, Lippo Cyber Park, Lippo Village, Tangerang 15811 

Telp: (021) 5460011, 55777000; Faks: (021) 5460020; Email: corsec.mlpt@multipolar.com 

Siaran Pers: Multipolar Technology Perkuat Keamanan Jaringan Dengan Cisco Umbrella

24 Februari 2021

Saat ini kita masuk ke dalam cara kerja baru yang memungkinkan bekerja dari mana saja sepanjang terhubung dengan internet. Hal ini menyebabkan jaringan perusahaan menjadi sangat fleksibel karena karyawan dan kantor cabang dapat terkoneksi ke internet secara langsung tanpa melewati jaringan di kantor pusat. Fleksibilitas ini membawa konsekuensi lain yaitu malware lebih mudah menyusup seiring banyaknya koneksi internet langsung di dalam jaringan. Trafik internet dari berbagai sumber ini harus bisa dikontrol dan diatur secara terpusat, salah satunya dengan menerapkan solusi Cisco Umbrella untuk meningkatkan keamanan jaringan. 

Banyaknya trafik internet yang tidak menggunakan jaringan perusahaan mempersulit tim IT dalam melindungi data perusahaan, mengontrol aktivitas internet dan mengamankan perangkat yang digunakan. “Ini kami alami sendiri, sehingga akhirnya kami putuskan untuk implementasi Cisco Umbrella. Cisco Umbrella mencegah akses ke situs atau malware berbahaya meski karyawan bekerja dari luar kantor, sehingga kemungkinan jaringan terserang menjadi jauh berkurang,” papar Yohan Gunawan, Direktur Hybrid Infrastructure Services Business PT Multipolar Technology Tbk seperti yang dipaparkan dalam webinar bertajuk Simplify Cyber Security with Cloud-Delivered Protection pada Rabu, 24 Februari 2021.

DNS-layer security pada Cisco Umbrella secara terpusat akan mendeteksi sistem dari setiap karyawan yang berpotensi diserang, meningkatkan visibilitas, melindungi pengguna di dalam dan di luar jaringan perusahaan dengan menghentikan ancaman pada port dan protocol, bahkan sebelum ancaman masuk ke dalam jaringan dan endpoint. Cisco Umbrella akan merekam log aktivitas internet untuk menentukan kategori dari tipe ancaman keamanan atau konten web, apakah akan diblokir atau diizinkan lewat.

“Serangan siber sering menyerang perusahaan dalam bentuk ransomware, dan kita dipaksa untuk membayar sejumlah uang sebelum mendapatkan kembali akses ke berkas atau sistem komputer. Akibatnya informasi sensitif bisa hilang dan proses bisnis terganggu. Ini riskan sekali. Sekarang kita monitor seluruh trafik internet karyawan dengan Cisco Umbrella, kita lakukan filter konten web, kita pantau dan blokir aplikasi dan URL yang mencurigakan,” jelas Yohan.

Cisco Umbrella merupakan bagian dari solusi Secure Access Service Edge (SASE) yang menggabungkan beberapa fungsi Connectivity, Security dan Identity di lokasi yang terdistribusi sehingga memudahkan visibility, menerapkan policy dan mengintegrasikan dengan perangkat security lainnya. Tim Threat Intelligence Cisco yaitu Talos setiap harinya melakukan riset, analisis dan update terhadap vulnerability di seluruh dunia. Talos juga dapat diintegrasikan ke setiap solusi security dari Cisco.

Pemanfaatan Cisco Umbrella memberikan berbagai keunggulan antara lain:

  1. Melindungi pengguna dan perangkat roaming tanpa perlu terhubung ke jaringan kantor atau VPN
  2. Mendeteksi dan memblokir jenis-jenis baru serangan siber secara cepat dan mudah bahkan sebelum terkoneksi ke internet atau mencapai jaringan dan endpoint
  3. Mengurangi risiko dengan alert sedini mungkin dan mencatat semua aktivitas DNS sehingga potensi ancaman mudah ditelusuri dan ditindaklanjuti
  4. Meningkatkan kinerja internet dan menjamin kelancaran lalu lintas jaringan

Cisco Umbrella sangat cocok bagi perusahaan dengan banyak cabang dan pekerja mobile untuk memproteksi akses ke situs yang tidak aman, baik di dalam maupun luar jaringan kantor.

Keterangan foto:
Yohan Gunawan, Director Hybrid Infrastructure Services Business PT Multipolar Technology Tbk (kiri) dan Gary Adrian, Head Presales Network PT Multipolar Technology Tbk (kanan) tengah berbincang dengan mengenai penerapan solusi Cisco Umbrella untuk meningkatkan keamanan jaringan dan memproteksi akses ke situs yang tidak aman baik di dalam maupun luar jaringan kantor, yang sangat cocok bagi perusahaan dengan banyak cabang dan pekerja mobile. 

Tentang PT Multipolar Technology Tbk

PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) adalah mitra terpercaya dalam perancangan dan pengembangan teknologi digital inovatif di sektor Perbankan dan Keuangan, Komersial, Telekomunikasi, Publik, Layanan Kesehatan dan Pendidikan. Multipolar Technology memiliki kompetensi dan pengalaman yang mumpuni di area Hybrid Infrastructure Platforms & Services, Hybrid Integration Platforms & Services, Business Solution Platforms & Services, Digital Insights, Customer Experience Platforms & Services, Strategy & Planning, serta Security Platforms & Services Platform, termasuk IT Managed Services melalui PT Visionet Data Internasional (VDI) dan layanan pengoperasian dan pengelolaan data center melalui PT Graha Teknologi Nusantara (GTN). Sejak 8 Juli 2013 PT Multipolar Technology Tbk telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (kode saham MLPT), dan merupakan mitra terpercaya dari perusahaan teknologi global seperti Cisco, F5, Google, HPE, IBM, Lenovo, Microsoft, NCR, Nutanix, Oracle dan VMware, dan telah bersertifikasi ISO. Informasi lebih lanjut kunjungi www.multipolar.com dan ikuti media sosial kami: Twitter @MultipolarTech, Instagram @multipolartechnology, LinkedIn & Facebook PT Multipolar Technology Tbk, YouTube Multipolar Technology, Spotify TechLign Podcast.

Siaran Pers: GTN Data Center Sukses Raih ISO 9001:2015 dan ISO 27001:2013

Siaran Pers
GTN Data Center Sukses Raih ISO 9001:2015 dan ISO 27001:2013

Jaga Keunggulan Layanan, GTN Data Center Penuhi Standar Sistim Manajemen Mutu dan Sistim Manajemen Keamanan Informasi Berskala Internasional

Jakarta, 15 Juni 2017 – PT Graha Teknologi Nusantara (GTN), anak usaha PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) yang mengoperasikan GTN Data Center Rated 3, membuktikan komitmennya sebagai penyedia layanan data center berstandar internasional dengan keberhasilannya meraih dua sertifikasi ISO sekaligus pada akhir Mei lalu yaitu ISO 9001:2015 untuk Sistim Manajemen Mutu dan ISO 27001:2013 untuk Sistim Manajemen Keamanan Informasi. Kedua sertifikasi ISO yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi BSI (British Standards Institution) dari Inggris ini melengkapi kesuksesan GTN Data Center yang sebelumnya telah disertifikasi ANSI/TIA-942:2014 Rated 3 dari Enterprise Product Integration Pte Ltd (EPI) pada akhir 2016 lalu.
“Bisnis data center adalah bisnis kepercayaan, sehingga kami juga tidak main-main dalam menerapkan standar layanan di GTN Data Center. Kami terus menjaga operational excellence GTN Data Center dengan mengacu pada standar mutu layanan yang terbaik serta standar jaminan keamanan dan kerahasiaan data pelanggan yang tertinggi sebagai best practice kami,” jelas Miko Yanuar, COO PT Graha Teknologi Nusantara. Standar ISO 9001: 2015 dan ISO 27001:2013 adalah versi terbaru yang merupakan penyempurnaan ISO versi sebelumnya. ISO 9001 adalah standar sistim manajemen mutu yang diakui secara internasional dan merupakan tolok ukur global untuk sistim manajemen mutu yang telah diterbitkan lebih dari satu juta di seluruh dunia. Sedangkan ISO 27001 adalah sistim manajemen keamanan informasi dengan pendekatan sistematis dan proaktif untuk mengelola risiko keamanan informasi rahasia perusahaan secara efektif. Sistim ini merupakan acuan dalam mengelola dan melindungi informasi sensitif perusahaan secara efisien yang mencakup personil, proses dan sistem TI. Badan Akreditasi BSI sendiri merupakan penerbit ISO yang sudah diakui di 182 negara di dunia. “Dengan menjalankan layanan operasional sesuai standar yang diakui internasional, tentunya akan mampu memperkecil risiko operasional, menekan biaya produksi, memberikan jaminan terhadap pengamanan data, dan meningkatkan reputasi,” tambah Miko.
Diperolehnya ISO 9001 dan 27001 ini menjadikan GTN Data Center sebagai data center terdepan dalam hal penerapan pedoman terkini dan terlengkap di bidangnya. “Kini kami lebih siap dalam memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia dengan mengacu pada best practice yang berlaku internasional. GTN Data Center saat ini bisa disejajarkan dengan data center berskala internasional lainnya di seluruh dunia,” ujar Kazuomi Izumi, Direktur PT Graha Teknologi Nusantara.
Proses audit yang dimulai sejak Desember 2016 ini terbilang lancar dan cepat. Hanya dalam kurun waktu enam bulan keseluruhan rangkaian proses audit dapat dirampungkan, dan sertifikasi ISO telah diserahkan pada akhir Mei lalu. Saat ini GTN juga tengah dalam proses memperoleh sertifikasi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS). PCI DSS adalah sertifikasi standar keamanan informasi yang diwajibkan bagi lembaga yang menangani atau berkaitan dengan informasi pemegang kartu, sebagai dasar persyaratan teknis dan operasional untuk melindungi data pemegang kartu. Hal ini semakin menunjukkan komitmen GTN Data Center untuk memberikan layanan yang terpercaya dan aman bagi pelanggannya.

Jaminan Kualitas Layanan GTN Data Center
Meningkatnya kebutuhan para pelaku usaha di era digital saat ini untuk menyimpan dan mengelola data dalam jumlah besar serta memastikan ketersediaan aplikasi penting selama 24/7 tentu butuh dukungan data center yang andal dan aman, dengan skalabilitas tinggi dan aksesibilitas berkelanjutan, termasuk ketersediaan listrik yang harus diprioritaskan untuk memastikan operasional berjalan tanpa gangguan. Kesulitan yang umum dihadapi adalah kestabilan pasokan listrik, kelangsungan pendinginan, dan kesiapan personil yang stand by selama 24 jam, dimana kesemuanya itu berujung pada membengkaknya biaya operasional.
GTN Data Center yang menerapkan standar kualitas Jepang dan perangkat keamanan terkini, telah mengoperasikan layanan Co-location Services, Integration Services, IT Consultancy Services dan Data Center Managed Services bagi sektor finansial, pemerintahan, pendidikan, manufaktur dan telekomunikasi. Keunggulan GTN Data Center yang memanfaatkan dua sumber listrik yang kesemuanya aktif dari Cikarang Listrindo dengan dua gardu terpisah untuk menjamin pasokan listrik yang stabil, menjadi salah satu pertimbangan pelanggan dalam memilih GTN Data Center. GTN juga menawarkan kunjungan eksklusif bagi calon pelanggan yang ingin mengetahui lebih dalam layanan dan fasilitas dari GTN Data Center.

Tentang PT Graha Teknologi Nusantara
PT Graha Teknologi Nusantara (GTN) adalah anak usaha dari PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) yang berfokus pada penyediaan layanan pengoperasian dan pengelolaan data center yang berkualitas. GTN Data Center adalah proyek joint venture dari MLPT dan Mitsui & Co. Ltd. GTN Data Center memposisikan diri untuk menjadi penyedia layanan data center di Indonesia yang lebih diminati dengan standar kualitas Jepang dan berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan pasar di Indonesia. Untuk mencapai hal tersebut, kami secara terus menerus memperkuat fokus kami kepada pelanggan, menyediakan hasil pekerjaan yang dapat dipercaya, dan membina karyawan kami dengan membangun budaya yang terpercaya dan berdasarkan pencapaian. Lebih detilnya silakan kunjungi www.GTNdatacenter.com

‎‎Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:
PT Graha Teknologi Nusantara
Tjetjep Dharmawan
Vice President – Sales
Tel: 021- 546 0011
HP: 0818 939 800
tjetjep.dharmawan@grahateknologi.co.id

PT Multipolar Technology Tbk Mantapkan Layanan Solution & Services dengan Membukukan Pertumbuhan Kinerja Positif

SIARAN PERS

JAKARTA, 31 Maret 2016 – Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Multipolar Technology Tbk (“Perseroan”) yang digelar hari ini menyetujui Laporan Tahunan untuk tahun buku 2015, dan pembagian dividen sebesar Rp13.125.000.000,- (tiga belas miliar seratus dua puluh lima juta rupiah).  Perseroan membukukan kenaikan Laba Tahun Berjalan sebesar 44,9%, dari Rp67,09 miliar di tahun 2014 menjadi Rp97,21 miliar di tahun 2015. Penjualan Bersih dan Pendapatan Jasa juga mengalami pertumbuhan sebesar 8,94%, dari Rp1,97 triliun di tahun 2014 menjadi Rp2,14 triliun di tahun 2015.

“RUPS hari ini menyepakati pembagian dividen tunai atas 1.875.000.000 saham sebesar Rp7,- per saham,” kata Hanny Untar, Direktur Keuangan Perseroan. Dividen ini setara dengan 13,2% dari total Laba Tahun Berjalan yang Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk Perseroan di tahun 2015.

Di tengah situasi bisnis yang kian kompetitif dan kondisi makroekonomi yang tidak stabil, Perseroan tetap berhasil mencatat kinerja yang solid, ditandai dengan pertumbuhan profit yang lebih baik. Pencapaian ini berasal dari peningkatan kontribusi penjualan Solution & Services (Solusi & Jasa) yang menjadi fokus Perseroan di 2015, antara lain penyediaan solusi dan jasa terkait CloudBig DataAnalyticsSecurity, dan Mobility, serta Business Process Managed Services.

Perseroan juga terus mencari peluang pertumbuhan baru melalui penyediaan solusi dan layanan yang andal dengan mengacu pada kebutuhan pengembangan bisnis pelanggan dan tren teknologi informasi (TI). “Perseroan terus berupaya meningkatkan penjualan solusi yang memberikan nilai tambah tinggi, khususnya solusi yang kami kembangkan sendiri seperti solusi core banking BankVision lengkap dengan delivery channelnya, solusi VisionMobile untuk mengakomodir tren perbankan digital, dan solusi business analytics VisionAnalytics untuk membantu manajemen melakukan analisa dan mengambil keputusan. Untuk lebih meningkatkan nilai tambah, keseluruhan solusi dapat dipaketkan dengan professional services seperti implementasi dan penyesuaian terhadap kebutuhan pelanggan (customization), serta layanan pemeliharaannya,“ ujar Jip Ivan Sutanto, Direktur Solution & Infrastructure Business.

Kontributor pendapatan terbesar Perseroan masih didominasi oleh sektor perbankan, dan disusul oleh sektor telekomunikasi. Wahyudi Chandra, Presiden Direktur Perseroan juga menyampaikan optimismenya dalam sektor komersial, “Kami terus melakukan ekspansi layanan di sektor komersial. Tahun lalu pendapatan dari sektor ini yang mencakup industri ritel dan distribusi, manufaktur, dan migas turut menunjukkan kinerja yang meningkat, dimana sektor ini sudah semakin banyak menggunakan  teknologi informasi untuk mendukung efisiensi operasionalnya.”.

Menghadapi tahun 2016 yang penuh tantangan, Perseroan terus menjaga optimisme. “Kami melihat banyaknya peluang yang bisa dijajaki, dengan mempertimbangkan perubahan besar di sisi pelanggan. Saat ini pemegang anggaran dan keputusan yang tadinya di tim TI mulai bergeser ke tim bisnis/user. Hal ini menuntut kami sebagai System Integrator harus lebih kompetitif dan bisa memberikan diferensiasi dalam layanan, sehingga pelanggan tetap memilih Perseroan sebagai mitra yang mumpuni baik dari sisi teknikal, penawaran, maupun penekanan ke aspek bisnis dimana TI ini bisa menjadienabler dan bukan sekedar biaya,” jelas Wahyudi.

Menyikapi tren TI saat ini, Perseroan juga semakin fokus mengembangkan kompetensi di solusi Mobility, Analytics dan Middleware, yang diperkirakan akan menjadi primadona belanja TI tahun ini. Di sektor perbankan, Perseroan melanjutkan inovasi layanannya dengan menawarkan solusi core banking dan modul pendukungnya, serta akselerasi layanan seperti pemeliharaan, professional services, dan IT Strategy/IT Planning Consulting ServicesIT Project Management Consulting Services dan IT Operations Consulting Services.  Dan yang tidak kalah pentingnya adalah sinergi dengan anak usaha yaitu PT Visionet Internasional (‘VisioNet’) yang berfokus pada penyediaan Total Business Process Managed Services dan PT Graha Teknologi Nusantara (‘GTN’) untuk layanan Data Center Rate 4 ready.

Sementara itu, pembangunan gedung data center GTN juga semakin menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Setelah melakukan ground breaking pada pertengahan tahun lalu, GTN semakin mendekati kesiapannya untuk menerima para pelanggannya dengan layanan Data Center Rate 4 readyyang menerapkan standar kualitas dari Jepang.

Di awal tahun ini Perseroan semakin memantapkan posisinya sebagai salah satu System Integrator terkemuka di Indonesia, dengan diterimanya penghargaan IBM Choice Awards 2016 untuk kategori Top Strategic Business Partner 2016, dimana Perseroan merupakan satu-satunya mitra bisnis IBM di Indonesia yang dianugerahi penghargaan ini. IBM Choice Awards adalah penghargaan yang diberikan kepada mitra bisnis IBM di berbagai belahan dunia atas prestasi dan komitmen mereka yang luar biasa.  Penghargaan ini membuktikan kinerja Perseroan yang positif dan diakui hingga mancanegara.

Tentang PT Multipolar Technology Tbk

PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) adalah System Integrator terkemuka di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun di sektor perbankan dan keuangan, telekomunikasi, publik dan komersial. Pada 8 Juli 2013 Perseroan tercatat di Bursa Efek Indonesia  dengan kode saham MLPT.

MLPT adalah anak usaha dari PT Multipolar Tbk (MLPL), perusahaan holding diversifikasi terkemuka dengan fokus utama pada bisnis ritel dan sektor TMT (Technology, Multimedia dan Telecommunication).  MLPL adalah bagian dari Lippo Group. Selengkapnya kunjungi www.multipolar.com dan ikuti @multipolartech.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

 

Corporate Secretary

PT MULTIPOLAR TECHNOLOGY Tbk

Boulevard Gajah Mada No. 2025, Lippo Cyber Park, Lippo Village, Tangerang 15811
Telp: (021) 5460011, 55777000; Faks: (021) 5460020; Email: corsec.mlpt@multipolar.com

Multipolar Technology Gandeng Telkom University, Mengasah Programmer Muda Melalui Kompetisi Pembuatan Aplikasi Tingkat Nasional 23 Februari 2016

Jakarta, 23 Februari 2016 – PT Multipolar Technology Tbk (MLPT), System Integrator terkemuka di Indonesia, sukses menggelar kompetisi “Remaja Berkarya“ yaitu kompetisi pembuatan aplikasi skala nasional setingkat SMA/SMK bertema “Membangun Indonesia Bersama Multipolar Technology dan Telkom University” pada 21/2 lalu.

Kompetisi ini merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) MLPT, yang merupakan wujud perhatian MLPT terhadap dunia pendidikan, khususnya di bidang pengembangan TI, dan sekaligus untuk mendukung pengembangan bakat dan minat generasi muda Indonesia di bidang teknologi/pengembangan aplikasi. Penyelenggaraan kompetisi Remaja Berkarya ini menggandeng Telkom University Bandung, salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang berfokus di bidang teknologi, dengan panitia pelaksana dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Terapan (FIT) Telkom University.

Adapun kriteria aplikasi yang dikompetisikan harus mencerminkan tentang budaya, ekonomi dan sosial Indonesia. Dengan publikasi kompetisi yang kurang dari 3 minggu sejak dibukanya pendaftaran pada awal Desember 2015, panitia telah menerima lebih dari 80 proposal dari berbagai SMA/SMK di seluruh Indonesia. Melalui beberapa tahap penjurian, terpilih 20 semi finalis yang diberikan waktu 1 bulan untuk mengumpulkan aplikasinya, dan dalam seleksi terakhir terpilih 6 tim grand finalis dengan aplikasi terbaiknya, dan diundang ke kampus FIT Telkom University untuk mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri yang terdiri dari tim MLPT dan tim dosen FIT Telkom University.

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, berikut ini adalah ketiga pemenang yang berhasil mendapatkan piala, sertifikat, serta hadiah uang tunai dari MLPT:

  • Juara 1 dengan hadiah sebesar Rp 15juta, adalah aplikasi berjudul Jampi Pandu buatan 2 siswa siswi dari SMA Santa Maria Surabaya.

Aplikasi ini bertujuan untuk memperkenalkan ragam jamu-jamuan tradisional kepada generasi muda Indonesia. Aplikasi ini selain berisi informasi tentang berbagai komposisi ramuan jamu untuk berbagai penyakit, juga dilengkapi dengan game seputar bentuk-bentuk komponen ramuan herbal seperti kunyit, kencur, jahe, kapulaga dan sebagainya.

  • Juara 2 dengan hadiah sebesar Rp 10juta, adalah aplikasi berjudul I Am Aps (Indonesia Amazing Application) buatan 3 siswi SMK Negeri 1 Cimahi.

Aplikasi ini mengambil tema budaya dari 34 propinsi di Indonesia, mulai dari rumah adat, alat musik tradisional, makanan khas, lagu tradisional sampai tokoh pahlawan nasional dari daerah tersebut. Ketiga siswi yang menggagas aplikasi ini berharap, agar setiap orang yang membuka aplikasi ini serta memainkan gamenya, khususnya generasi muda, dapat semakin mengenal dan mencintai budaya nasional Indonesia.

  • Juara 3 dengan hadiah sebesar Rp 5juta, diraih aplikasi Jejak Si Joki, karya 3 siswa-siswi SMK Telkom Sandy Putra Malang.

Games berbasis android yang rencananya akan segera dikembangkan ke sistim operasi iOS dan BlackBerry ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai budaya di Indonesia dengan cara yang fun. Daerah yang dipilih untuk permainan ini adalah Papua, Bali dan Ponorogo. Untuk dapat memainkannya, pengguna diwajibkan mengumpulkan koin dengan menjawab beberapa pertanyaan seputar budaya dari masing-masing daerah tersebut.

Tiga grand finalis lainnya yaitu dari SMAN 2 Lumajang, SMK TI Madinatur Qur’an Jonggol, dan SMKN 1 Cimahi mendapatkan hadiah hiburan.

Direksi MLPT, Jip Ivan Sutanto, selaku Solution and Infrastructure Business Director yang hadir dalam acara dan menyerahkan hadiah kepada para pemenang, mengaku bangga bahwa MLPT bisa ambil bagian dalam mengasah minat generasi muda Indonesia terhadap dunia teknologi, “Kami bangga akan generasi muda Indonesia, dimana melalui kegiatan CSR Remaja Berkarya ini bisa semakin mengasah minat dan bakat mereka khususnya di bidang teknologi. Kami berharap, bahwa teknologi juga dapat menjadi sarana untuk mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan yang bermanfaat, yang bakal menumbuhkan inovasi-inovasi yang kelak dapat go international,” ujar Jip Ivan.

Sambutan serupa juga hadir dari Dekan Fakultas Ilmu Terapan Telkom University, Teguh Widodo, “Telkom University sangat gembira melihat antusiasme siswa-siswi SMA/SMK di seluruh Indonesia terhadap perkembangan Teknologi Informasi (TI). TI adalah salah satu pilar daya saing suatu bangsa, dan sangat mungkin anak-anak bangsa kita mampu menguasai TI ini. Kami berharap agar kerja sama antara Telkom University dan Multipolar Technology ini dapat memacu minat generasi muda Indonesia untuk menguasai TI, antara lain melalui pembuatan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat.”

Kedepannya, MLPT akan terus konsisten mendukung dunia pendidikan khususnya yang terkait bidang teknologi, dalam upayanya mendukung perkembangan teknologi di Indonesia.

CAPTION FOTO :

Solution and Infrastructure Business Director Multipolar Technology, Jip Ivan Sutanto dan Dekan Fakultas Ilmu Terapan (FIT) Telkom University, Dr. Teguh Widodo, berfoto bersama tim Multipolar Technology, Telkom University dan seluruh grand finalis kompetisi pembuatan aplikasi tingkat nasional usai pengumuman pemenang di kampus Telkom University Bandung, Minggu 21/2 yang lalu.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Corporate Secretary

PT MULTIPOLAR TECHNOLOGY Tbk

Boulevard Gajah Mada No. 2025, Lippo Cyber Park, Lippo Village, Tangerang 15811
Telp: (021) 5460011, 55777000; Faks: (021) 5460020; Email: corsec.mlpt@multipolar.com

PT Multipolar Technology Tbk Meraih IBM Choice Award 2016 untuk Kategori Top Strategic Business Partner 2016

Jakarta, 18 Februari 2016 – PT Multipolar Technology Tbk diumumkan sebagai pemenang dari IBM Choice Award untuk kategori Top Strategic Business Partner 2016 pada 17 Februari 2016 waktu Amerika Serikat.

Diumumkan dalam acara IBM PartnerWorld Leadership Conference di Orlando, Florida, Amerika Serikat, IBM Choice Award ini merupakan pengakuan bagi sejumlah mitra bisnis IBM yang telah menunjukkan keunggulan bisnis dalam menyajikan solusi IBM guna membawa pelanggan ke era kognitif – yang mampu memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa, dan membawa pertumbuhan bagi bisnis.

Pemenang IBM Choice Award ini dinilai dari berbagai aspek, baik dalam interaksinya dengan pelanggan, maupun upaya yang dilakukan guna mencapai tujuan bisnis bersama, sehingga menghasilkan kepuasan pelanggan yang luar biasa dan dampak bisnis yang saling menguntungkan secara signifikan. Pemenang Choice Award dipilih setiap tahunnya oleh petinggi IBM di setiap wilayah geografis dan dianugerahkan kepada mitra bisnis IBM di berbagai kategori, sebagai bentuk pengakuan hubungan kerja sama mereka dengan pelanggan serta menunjukkan keahliannya dalam menjual solusi IBM.

“IBM Choice Award merupakan pengakuan bagi para mitra bisnis IBM di seluruh dunia atas komitmennya terhadap nilai-nilai yang dianut IBM dan kepuasan pelanggan, dalam upaya membawa pelanggan ke era kognitif baru,” kata Marc Dupaquier, General Manager, IBM Global Business Partners. “PT Multipolar Technology Tbk telah secara konsisten memposisikan dirinya sebagai penasihat terpercaya dalam mempersiapkan pelanggan untuk bertransformasi ke arah era kognitif,” tambahnya.

“Kebutuhan pelanggan saat ini menjadi lebih kritis, selektif, dan menuntut solusi terbaik untuk mendukung bisnisnya. Seiring dengan perkembangan Multipolar Technology sebagai mitra terpercaya IBM, kami terus berupaya untuk menyajikan solusi yang berorientasi kepada pelanggan agar pelanggan dapat menikmati nilai tertinggi bagi bisnis mereka agar lebih kompetitif. Solusi IBM yang terintegrasi mampu membantu kami dalam menciptakan kolaborasi yang lebih baik, meningkatkan profitabilitas, dan mencapai kepuasan pelanggan yang lebih tinggi,” ujar Wellianto Halim, Komisaris PT Multipolar Technology Tbk yang menerimakan penghargaan ini.

Informasi lebih lanjut mengenai pemenang IBM Choice Awards 2016 silakan kunjungi https://www-304.ibm.com/partnerworld/wps/servlet/ContentHandler/pw_com_prb_beacon.

Tentang PT Multipolar Technology Tbk
PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) adalah System Integrator terkemuka di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun di sektor perbankan dan keuangan, telekomunikasi, publik dan komersial. MLPT juga semakin fokus sebagai penyedia Solution/Software & Services. Pada 8 Juli 2013 Perseroan tercatat di Bursa Efek Indonesia  dengan kode saham MLPT. MLPT adalah anak usaha dari PT Multipolar Tbk (MLPL), perusahaan holding diversifikasi terkemuka dengan fokus utama pada bisnis ritel dan sektor TMT (Technology, Multimedia dan Telecommunication). MLPL adalah bagian dari Lippo Group. Selengkapnya kunjungi www.multipolar.com dan ikuti @multipolartech.


Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :
Susi Marlon
Dept Head PR & Marcom
PT MULTIPOLAR TECHNOLOGY Tbk
Boulevard Gajah Mada No. 2025, Lippo Cyber Park, Lippo Village, Tangerang 15811
Telp: (021) 5460011, 55777000; Faks: (021) 5460020; Email: susi.marlon@multipolar.com

Graha Teknologi Nusantara Officially Starts Construction of the First Data Center with Japanese Standards in Indonesia

JAKARTA, July 3, 2015 – PT Graha Teknologi Nusantara (GTN), a subsidiary of PT Multipolar Technology Tbk (“MLPT”) with focus on data center management services, performed groundbreaking ceremony which mark the start of construction of 2,000 square meters GTN Data Center Tier / Rate 4 Ready in Lippo Cikarang last Thursday (2/7). GTN Data Center applies Japanese design of ”green data center that is environmentally-friendly and energy efficient. GTN Data Center is expected to be ready for operation in April 2016.

Harijono Suwarno as Commissioner of MLPT, Richard Kartawijaya, CEO of GTN, Masaki Saito, President & CEO of Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd. (“MKI”), and Meow Chong Loh, President Director of PT Lippo Cikarang Tbk (“LPCK”) attended the ceremony and delivered some speeches.

“Data center management services is a business of trust, where securing operating without disruption is very crucial. To ensure the best services of GTN Data Center, we have carefully designed the building, chosen reliable infrastructure and high-speed broadband, as well as enhanced high level security system by implementing 7-layer security,” Harijono Suwarno, Commissioner of MLPT explained.

GTN service offering covers co-location services, managed services, and incubation program for start up companies with limited resources. GTN Data Center is believed to be in great demand, which will attract investment opportunities for multinational companies in need of the extremely secured data center, and unparalleled connectivity. “To anticipate high demand especially from financial and industrial sector, GTN Data Center has been prepared to accommodate up to approximately 20,000 racks – that will be one of the largest co-location data center in the world,” said Richard Kartawijaya, CEO of GTN. “We also work with the most reliable and advanced security providers, among other is the No. 1 security services company in Japan. Therefore GTN Data Center will be the most secure data center in Indonesia” he added.

GTN Data Center 3S integrated strategy adopted from Japanese high quality management system well suited the competition. These are: Safe (in a strategic and secure location), Stable (dual grid power sources for constant power supply), and Sustainable (Dynamic Rotary UPS / DRUPS using energy kinetic for uninterrupted power backup). The battery-less DRUPS provides an alternative solution that is free of hazardous materials, save UPS room, no cooling system needed, and proven better power quality.

”MKI is very grateful to share its skills, knowhow and experiences of more than 20 years in the SI business, which also includes high quality data center operation in Japan. We also hope to bring the latest IT solutions, such as cloud services, in order to add value to the GTN Data Center service offerings,“ said Katsuhisa Nakatani, Executive Officer & Branch Chief Singapore of MKI, representing Masaki Saito, President & CEO of MKI. “We will aim in providing a Japanese standard reliable data center and innovative services to many local enterprises, including global Japanese companies in Indonesia,” he added.

“Site selection plays an essential role in data center business. Lippo Cikarang is proud as PT Multipolar Technology Tbk through its subsidiary GTN in collaboration with Mitsui and MKI entrust the location of data center in the premium area of Lippo Cikarang which is developing dynamically with the appearance of World Class Mixed Used Development Project / Globally Connected City Orange County of 322 hectares, and we see this as a promising investment opportunities especially with the presence of data center,” remarked Meow Chong Loh, President Director of LPCK in his speech at the groundbreaking ceremony yesterday.

GTN Data Center is a joint venture project which is owned 65%, 25% and 10% by MLPT, MKI and Mitsui respectively.

 

About PT Graha Teknologi Nusantara 

PT Graha Teknologi Nusantara (GTN) is a company focused on data center management services, and is also a subsidiary of PT Multipolar Technology Tbk (MLPT). GTN Data Center is a joint venture project between MLPT, Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui) and Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd. (MKI). GTN is positioned to be the leading data center services provider in Indonesia.

 

About Mitsui & Co., Ltd.

Mitsui & Co., Ltd. (“Mitsui”) is one of the most diversified and comprehensive trading, investment and service enterprises in the world, with 140 offices in 66 countries as of May, 2015. Utilizing our global operating locations, network and information resources, we are multilaterally pursuing business that ranges from product sales, worldwide logistics and financing, through to the development of major international infrastructure and other projects in the following fields: Iron & Steel Products, Mineral & Metal Resources, Infrastructure Projects, Integrated Transportation Systems, Chemicals, Energy, Food Resources, Food Products & Services, Consumer Services, IT & Communication, Corporate Development Business.. Mitsui is actively taking on challenges for global business innovation around the world. For more information, visit www.mitsui.com.

 

About Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd.

Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd. (MKI) is a subsidiary of Mitsui & Co., Ltd., specialized in providing services and products related to ICT (Information and Communication Technology). Partnering with various global ICT vendors and supporting more than 1,500 companies, MKI offers best-in-class solution to customers. MKI focuses on 3 large business segments which are “system integration”, “platform integration” and “data center and cloud services”. MKI also provides energy management service, market forecast and genome analysis in combination with system integration and data center solution.

 

About PT Multipolar Technology Tbk 

PT Multipolar Technology Tbk is a leading System Integrator in Indonesia with more than 39 years of experience in the sector of banking and financial, telecommunications, public and commercial. On July 8, 2013 the Company listed in the Indonesian Stock Exchange with ”MLPT” as the stock code. MLPT is a subsidiary of PT Multipolar Tbk (MLPL), a prominent diversified holding company focused primarily in the retail business and TMT (Technology, Multimedia and Telecommunication) sectors. MLPL is part of the Lippo Group. For details please visit www.multipolar.com and follow @multipolartech.

###

 

‎‎For further information please contact:

PT Graha Teknologi Nusantara

Akira Yoshimoto

Corporate Planning

Ph: 021 5579 3325

akira.yoshimoto@grahateknologi.co.id

PT Multipolar Technology Tbk Bukukan Pertumbuhan Kinerja Positif

PT Multipolar Technology Tbk Bukukan Pertumbuhan Kinerja Positif

JAKARTA, 27 Mei 2015 – Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Multipolar Technology Tbk (“Perseroan”) yang digelar hari ini menyetujui Laporan Tahunan untuk tahun buku 2014, dan pembagian dividen sebesar Rp 10,7 miliar. Perseroan membukukan kenaikan laba bersih 28,1%, dari Rp 52,9 miliar di tahun 2013 menjadi Rp 67,7 miliar di tahun 2014. Pendapatan penjualan juga mengalami pertumbuhan sebesar 30,6%, dari Rp 1,51 triliun di tahun 2013 menjadi Rp 1,97 triliun di tahun 2014.

“RUPS hari ini menyepakati pembagian dividen tunai atas 1.875.000.000 saham sebesar Rp 5,71 per saham,” kata Hanny Untar, Direktur Keuangan Perseroan. Dividen ini setara 15% dari total laba yang diatribusikan kepada entitas induk perusahaan di tahun 2014. “Sisa dana laba bersih setelah penyisihan dana cadangan sebesar Rp 60,6 miliar akan digunakan untuk pengembangan usaha,” tambah Hanny.

Gejolak ekonomi pada 2014 yang  disertai berbagai isu politik merupakan tantangan besar bagi Perseroan. Namun berkat pemetaan strategi bisnis yang tepat, Perseroan terbukti berhasil menunjukkan pertumbuhan kinerja yang menggembirakan.

“Untuk mempertahankan pertumbuhan positif, kami harus terus berinovasi dalam penyediaan solusi dan layanan teknologi informasi (TI) yang menjadi kebutuhan pelanggan dengan melihat tren teknologi dan perkembangan pasar,” ujar Wahyudi Chandra, Presiden Direktur. “Bisnis pelanggan tentunya harus bisa semakin bertumbuh, dengan memanfaatkan solusi TI terbaik dari kami. Di sisi lain, efisiensi biaya operasional juga terus kami maksimalkan,” jelas Wahyudi.

Pangsa pasar utama Perseroan masih didominasi oleh sektor perbankan dan telekomunikasi, dan terus dikembangkan di sektor komersial. Di tahun 2015 ini Perseroan semakin fokus pada penyediaan solusi dan services terkait CloudBig Data dan Analytics, Security, dan Mobility. 

“Permintaan pasar akan solusi Business Intelligence, Security, Mobility, dan layanan IT Consulting diproyeksikan meningkat, sejalan dengan kesiapan menghadapi pasar bebas ASEAN. Kami terus mengasah kemampuan dan profesionalisme untuk menyediakan solusi yang tepat bagi pelanggan, yang dapat membantu bisnis mereka bertambah maju, tentunya dengan pengembangan layanan berbasis TI,” ujar Jip Ivan, Direktur Solution & Infrastructure Business. Solusi Laporan Regulator Bank Indonesia VisionCBR (Central Bank Report), solusi Laku Pandai VisionMobile, solusi yang mendukung kebutuhan standarisasi perubahan kartu magnetik ke kartu berbasis chip/NSICCS (National Standard Indonesia Chip Card Specification), Business Intelligence VisionAnalytics, Business Process Management (BPM) dari IBM, dan solusi Security dari Cisco, F5 dan IBM merupakan solusi-solusi yang diyakini bakal diminati tahun ini.

Sementara itu Business Process Managed Services yang dijalankan anak usaha Perseroan, PT Visionet Internasional (“VisioNet”) tetap memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan kinerja Perseroan. Layanan VisioNet yang komprehensif terus dikembangkan dalam menjawab kebutuhan sektor bisnis untuk berfokus pada usaha-usaha utama tanpa terbebani tuntutan kebutuhan manajemen TI yang dapat dipercayakan kepada VisioNet. Saat ini layanan VisioNet tersedia 24 x 7 tersebar di 155 titik layanan di 124 kota di Indonesia, didukung oleh lebih dari 2.000 personil dengan sekitar 250 agen contact center.

Kebutuhan akan infrastruktur TI seperti data center juga diyakini akan meningkat. Melalui anak usaha Perseroan, PT Graha Teknologi Nusantara (“GTN”), proyek GTN Data Center Tier 4 Ready juga telah dimatangkan. Rancangan ulang fisik bangunan yang konsep ramah lingkungan dan hemat energi ini sudah rampung, dengan penyempurnaan pada sistem keamanan yang menerapkan 7 level keamanan.

Untuk melengkapi layanan di bidang data center, Perseroan menyediakan layanan IT Consulting Disaster Recovery Planning (DRP), dan Disaster Recovery Center (DRC). “DRP merupakan kebutuhan mutlak perusahaan. Namun sayangnya masih banyak yang salah kaprah terhadap konsep DRP. Banyak yang menganggap DRP ini sama dengan DRC, padahal sama sekali berbeda,” ungkap Halim D. Mangunjudo, Direktur Consulting & Enterprise Delivery. Guna memenuhi kebutuhan IT Governance, Perseroan juga menyediakan solusi untuk membantu proses pengadaan, yaitu Procure-to-Pay Transformation, yang mampu memberikan penghematan biaya hingga 30% dan Independent Verification and Validation (IVV).

Sebagai bukti dari kinerja Perseroan yang mumpuni, di awal April lalu Perseroan berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu “Indonesia Fastest Growing Issuers 2015” untuk kategori Computer and Services dari majalah Warta Ekonomi, dan “Best Listed Companies 2015” untuk kategori Top Performing Listed Companies Sektor Elektronika dari majalah Investor pada pertengahan Mei lalu.

Tentang PT Multipolar Technology Tbk

PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) adalah System Integrator terkemuka di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 39 tahun di sektor perbankan dan keuangan, telekomunikasi, publik dan komersial. Pada 8 Juli 2013 Perseroan tercatat di Bursa Efek Indonesia  dengan kode saham MLPT.

MLPT adalah anak usaha dari PT Multipolar Tbk (MLPL), perusahaan holding diversifikasi terkemuka dengan fokus utama pada bisnis ritel dan sektor TMT (Technology, Multimedia dan Telecommunication). MLPL adalah bagian dari Lippo Group. Selengkapnya kunjungi www.multipolar.com dan ikuti @multipolartech.

###

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

 Corporate Secretary

PT MULTIPOLAR TECHNOLOGY Tbk

Boulevard Gajah Mada No. 2025, Lippo Cyber Park, Lippo Village, Tangerang 15811
Telp: (021) 5460011, 55777000; Faks: (021) 5460020; Email: corsec.mlpt@multipolar.com

MULTIPOLAR TECHNOLOGY, MITSUI, MKI GELAR PRE-LAUNCH JOINT VENTURE DATA CENTER TIER-4 READY (Versi Indonesia)

JAKARTA, 13 Nopember 2014–PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) bersama Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui) dan Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd. (MKI), menggelar PRE-LAUNCH CEREMONY untuk memperkenalkan proyek joint venture-nya, yaitu Graha Teknologi Nusantara Data Center (GTN Data Center), kepada para eksekutif di The Hermitage Hotel Jakarta. Fokus acara ini adalah untuk memperkenalkan dan menjelaskan kolaborasi strategis Lippo dan Mitsui dalam pembangunan dan pengoperasian data center Tier-4 ready yang modern, berkualitas, aman, dan mampu memenuhi kebutuhan kritikal akan layanan data center bagi berbagai perusahaan kelas dunia di Indonesia. Komposisi saham GTN dimiliki oleh MLPT 65%, Mitsui 10% dan MKI 25%.

‎Hadir dalam acara ini eksekutif dari berbagai perusahaan lokal, internasional dan perusahaan Jepang di Indonesia yang memiliki data-data kritikal di Indonesia. DR. Mochtar Riady, Chairman dari Lippo Group, menjadi tuan rumah acara ini bersama dengan Atsushi Kume, Executive Managing Officer &COO of Innovation & Corporate Development, Executive Managing Officer dari Mitsui & Co. Ltd., dan Masaki Saito, President & CEO dari MKI. Menteri Komunikasi dan Informatika Ir. Rudiantara MBA dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki juga turut hadir dan memberikan pidato sambutannya.

“Kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan rekan kami Mitsui untuk membangun dan mengoperasikan state of the art data center ini. Yang tak kalah pentingnya bagi saya adalah, Lippo dan Mitsui memiliki kesamaan visi dalam mendukung kebutuhan pembangunan infrastruktur yang sangat dibutuhkan di Indonesia dan menjamin pendistribusian yang efisien, penyediaan produk dan layanan, sumber daya manusia, dan informasi data elektronik di seluruh Indonesia,” jelas DR. Mochtar Riady.

“Adanya regulasi pemerintah yang mewajibkan penyedia data elektronik untuk menempatkan data center dan pusat pemulihan bencana (DRC) nya di Indonesia berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan layanan data center yang aman dan berkualitas tinggi, di lokasi yang strategis dan mudah diakses,” ujar Harijono Suwarno, Komisaris PT Multipolar Technology Tbk. “Selain itu, kami juga sudah secara matang memetakan pasar dan kebutuhan yang meningkat dari pelanggan enterprise kami sebagai dasar dalam merancang data center ini dengan memanfaatkan pengalaman berstandar internasional dari Mitsui dan MKI, serta jaringan broadband berkecepatan tinggi sepanjang 12.000 km di Jabodetabek, Surabaya, Bandung dan Bali,” tambahnya.

GTN Data Center yang dirancang dan dioperasikan bersama-sama dengan Multipolar Technology dan Mitsui ini memiliki lokasi yang strategis di Lippo Cikarang, sekitar 35 km dari Jakarta dan 80 km dari Bandung. Ground breakingdijadwalkan pada akhir 2014, dan ditargetkan akan siap beroperasi di akhir tahun 2015.

GTN Data Center akan dilengkapi dengan dua sumber daya listrik terpisah dan penyedia jaringan multi operator, yang mampu menjamin tersedianya kecukupan sumber daya secara kontinyu dan memiliki tingkat layanan yang berstandar internasional dan Jepang.

‎GTN Data Center juga akan menerapkan konsep green data center yang ramah lingkungan dan hemat energi. Konsep green yang diterapkan antara lain: pendekatan cold aisle containment untuk memastikan sirkulasi udara dingin yang sangat efisien; pemanfaatan penyejuk udara berbahan jenis chilled water-based yang hemat energi; dan alat pemadam api yang bebas gas berbahaya. “Untuk memastikan kualitas data center, kami akan bekerja sama dengan konsultan green data center yang memiliki reputas internasional sehingga nantinya siap saat disertifikasi Green Building Council,” ucap Wahyudi Chandra, Presiden Direktur PT Multipolar Technology Tbk.

”MKI akan berbagi pengetahuan, pengalaman dan keahliannya di bidang pengelolaan data center dan layanan cloud, sehingga kedepannya GTN Data Center dapat menjadi penyedia data center yang andal, dengan layanan pengolahan data berkecepatan tinggi dan cloud yang mumpuni,”kata Masaki Saito, President & CEO Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd.

Indonesia memiliki pasar yang sangat potensial untuk bisnis layanan data center, terutama dengan diterapkannya Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 mengenai kewajiban penyelenggara sistem elektronik untuk menempatkan data center dan pusat pemulihan bencana (DRC) nya di Indonesia. Melalui kerja sama ini, GTN Data Center akan menjadi data center pertama di Indonesia dengan kepemilikan oleh investor dari Jepang. “Kami juga menyediakan ‘lokasi’ untuk pusat penyimpanan data sehingga perusahaan-perusahaan lokal maupun multinasional di Indonesia dapat memenuhi aturan tersebut. Kami optimis bahwa kedepannya akan terbuka peluang lebih besar lagi bagi investor asing untuk memajukan sektor teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT) di Indonesia,” ujar Atsushi Kume, Executive Managing Officer & COO of Innovation & Corporate Development Mitsui & Co., Ltd.

Tentang PT Graha Teknologi Nusantara

PT Graha Teknologi Nusantara (GTN) adalah anak usaha dari PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) yang berfokus pada layanan pengelolaan data center. GTN Data Center adalah proyek joint venture antara MLPT, Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui) and Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd. (MKI). GTN diposisikan untuk menjadi penyedia layanan data center terkemuka di Indonesia.

Tentang Mitsui & Co., Ltd.

Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui) yang didirikan pada 1947 adalah perusahaan yang bergerak di bidang investasi dan perdagangan di Jepang. Aktivitas bisnis Mitsui termasuk penjualan, impor, ekspor, perdagangan luar negeri, produksi dan berbagai layanan menyeluruh seperti ritel, informasi dan telekomunikasi, teknologi, logistik dan keuangan di sektor besi dan baja, mineral dan logam, sumber daya, mesin dan infrastruktur, kimia, energi, gaya hidup, inovasi & lintas fungsi. Mitsui juga ikut serta dalam pengembangan sumber daya alam seperti minyak, gas, besi, baja dan bahan baku. Secara proaktif Mitsui melakukan investasi bisnis strategis di industri-industri baru seperti TI, renewable energy dan bisnis solusi lingkungan.

Tentang Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd.

Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd.(MKI) adalah anak usaha dari Mitsui & Co., Ltd., dengan spesialisasi dalam menyediakan layanan dan produk terkait ICT (Information and Communication Technology). Bermitra dengan berbagai penyedia ICT kelas global dan telah membantu lebih dari 1500 perusahaan, MKI menawarkan solusi terbaik di kelasnya bagi pelanggannya.

MKI berfokus pada 3 besaran segmen usaha yaitu “system integration”, “platform integration” dan “layanan data center dan cloud”. MKI juga menyediakan layanan pengolahan energi, perkiraan pasar dan analisa genome dengan mengkombinasikan system integration dan solusi data center.

Tentang PT Multipolar Technology Tbk

PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) adalah System Integrator terkemuka di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 39 tahun di sektor perbankan dan keuangan, telekomunikasi, publik dan komersial. Pada 8 Juli 2013 Perseroan tercatat di Bursa Efek Indonesia  dengan kode saham MLPT.

MLPT adalah anak usaha dari PT Multipolar Tbk (MLPL), perusahaan holding diversifikasi terkemuka dengan fokus utama pada bisnis ritel dan sektor TMT (Technology, Multimedia dan Telecommunication). MLPL adalah bagian dari Lippo Group. Selengkapnya kunjungi www.multipolar.com dan ikuti @multipolartech.

###

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:
PT Graha Teknologi Nusantara
CB.Budi Widjaja
Chief Operating Officer
Ph: 021 5579 3325
cbbudi@grahateknologi.co.id