Digital Transformation Forum for Public Sector: The Future of Artificial Intelligence in Public Sector

Kemajuan teknologi yang menghubungkan data, kecerdasan buatan (AI), dan pemanfaatan data telah mengubah cara perusahaan beroperasi. Tidak hanya pada sektor bisnis, teknologi berbasis AI ini diyakini juga mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada dan layanan publik.

Seminar “Digital Transformation Forum for Public Sector: The Future of Artificial Intelligence in Public Sector”, yang merupakan kolaborasi Bisnis Indonesia Group, Multipolar Technology, dan IBM, telah diselenggarakan dan membahas perkembangan AI di Indonesia dan manfaat AI bagi sektor publik untuk membantu meningkatkan kinerja di berbagai bidang, pada 20 Juni 2024.

Saat ini pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI) berkembang pesat dalam operasional bisnis. Implementasi teknologi AI dipastikan akan meluas di berbagai sektor, mendorong peningkatan produktivitas pada bisnis maupun layanan publik.

 

 

 

Multipolar Technology membawakan solusi IBM watsonx sebagai solusi yang dapat mendukung integrasi AI pada kegiatan operasionalnya, mengelola sumber data, dan mempercepat AI workflow. Mendukung pemanfaatan AI tidak hanya pada sektor bisnis, tetapi juga pemerintahan.

 

Seminar Fast-Track Digital Innovation: A Scalable, Secure Unified Platform for High-Performance Services

Agar bisnis bisa semakin lincah dalam berinovasi di era digital, tentu butuh dukungan teknologi yang tepat. Teknologi ini harus mampu mempercepat peluncuran produk dan layanan baru secara fleksibel guna memenuhi tuntutan pelanggan. Multipolar Technology, Red Hat Indonesia, dan Virtus Technology Indonesia mengadakan seminar Fast-Track Digital Innovation: A Scalable, Secure Unified Platform for High-Performance Services, pada 11 Juni 2024.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Multipolar Technology membawakan solusi VisionDG Digital Platformyang  merupakan solusi dari Multipolar Technology yang dibangun melalui proses agile development dan berjalan di atas Red Hat OpenShift Container Platform. Kolaborasi solusi ini memungkinkan akselerasi transformasi digital secara lincah, mudah, dan cepat.

Jika dianalogikan Red Hat OpenShift sebagai ‘rumah’, maka tim IT Development sangat terbantu untuk membangun rumah dengan cepat, berkat platform container aplikasi ini. Red Hat OpenShift menyediakan platform bersama untuk membangun, mengembangkan, dan mengelola aplikasi berbasis container pada infrastruktur apa pun, baik itu on-premises, public cloud, private cloud, maupun hybrid cloud.

Anda juga tidak perlu susah payah membuat ‘interior’nya, karena Multipolar Technology telah menyiapkan interior siap pakai, yaitu solusi VisionDG Digital Platform, yang dibangun di atas Red Hat Open Shift Container Platform. Hasilnya, Anda dapat melalukan digitalisasi layanan dengan mudah dan cepat tanpa downtime, serta proses pengembangan dan delivery modernisasi aplikasi baru juga bisa lebih cepat.

Seminar Getting the Best of Both Worlds: Enhanced Growth through AI and Elevated Trust by Cutting-edge Security Technology

Kemajuan teknologi yang menghubungkan data, kecerdasan buatan (AI), dan keamanan data telah mengubah cara perusahaan beroperasi dan berbisnis. Perusahaan dituntut untuk mengoptimalkan kinerja dengan memanfaatkan teknologi, sambil tetap mematuhi regulasi dan melindungi data dari ancaman siber.

Multipolar Technology bersama IBM berkolaborasi dengan IDC menyelenggarakan diskusi interaktif IDC Executive Roundtable bertajuk “Getting the Best of Both Worlds: Enhanced Growth through AI and Elevated Trust by Cutting-Edge Security Technology” untuk menjawab tuntutan bisnis perusahaan.

Solusi yang dibawakan pada saat seminar tersebut adalah IBM Guardium sebagai software Database Activity Monitoring yang digunakan untuk memproteksi data dan memudahkan pengelolaan data dengan fitur-fitur yang lengkap, user friendly namun powerful. Selain itu dibawakan juga solusi IBM watsonx platform AI yang mencakup tiga komponen inti yang dirancang untuk membantu bisnis customer. Solusi yang kompleks untuk menjawab tuntutan yang kompleks! Meski begitu, diskusi berjalan dengan mulus antara peserta dan ahlinya.

Seminar Technology Workshop for the Executives: Unlocking Data as the New Gold Using AI

Era digital memudahkan kita dalam mendapatkan informasi secara cepat dan mudah dan inovasi-inovasi lainnya. Namun, bisnis yang tidak siap memberikan ketersediaan layanan digital dapat menghambat komunikasi dengan konsumennya, sehingga berdampak buruk pada kepuasan dan loyalitas pelanggan. Karena itu, perusahaan membutuhkan solusi yang dapat mendorong bisnis menjadi lebih lincah dan fleksibel.

Multipolar Technology dan IBM pada 14 Mei 2024, di Aryaduta Lippo Village, berbagi wawasan mendalam mengenai tren AI terkini dari IBM watsonx dan bagaimana organisasi dapat memanfaatkannya untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Dengan IBM watsonx, perusahaan bisa mengotomatisasi alur perolehan informasi dan meningkatkan efisiensi komunikasi dengan konsumennya. Konsumen bisa dengan mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan berkat didukung teknologi canggih, seperti melalui chatbot, dengan bahasa yang mudah dipahami.

Seminar Infobank Forum Open Banking Trends 2024

Revolusi digital dalam satu dekade terakhir mengubah secara drastis perilaku konsumen dalam melakukan transaksi. Tuntutan terhadap layanan keuangan yang cepat, efisien, dan aman semakin tinggi seiring dengan pengalaman baru konsumen yang serba seamless.

Multipolar Technology dan IBM berkolaborasi dengan Infobank Institute, mengadakan Infobank Forum: Open Banking Trends 2024, pada 7 Mei lalu di Fairmont Hotel dengan membawa 2 solusi dari IBM yaitu IBM API Connect dan IBM watsonx. Kedua solusi dari IBM merupakan paket lengkap untuk mendukung revolusi digital terhadap layanan keuangan agar bisa lebih cepat, efisien, dan aman untuk mengakselerasi sistem pembayaran yang lebih terbuka dan terkoneksi, seperti:

  • IBM API Connect

Menciptakan ekosistem baru yang memudahkan kolaborasi dengan 3rd party di ranah digital dengan integrasi yang simpel dan aman melalui otentikasi, otorisasi, kebijakan, dan enkripsi data. Hasilnya, tingkat konversi yang lebih tinggi, integrasi yang lebih cepat, dan peningkatan volume transaksi.

  • IBM watsonx

Membantu customer memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan didukung teknologi canggih, sehingga bahasa yang digunakan oleh chatbot menjadi mudah untuk dipahami. Perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih efektif dan meningkatkan efisiensi dalam proses komunikasi dengan customer.

Secure Resilience Your Network Security

Pemahaman mendalam mengenai keamanan network ini tidak hanya akan memproteksi perusahaan, namun juga memungkinkan untuk beradaptasi mengikuti era keamanan network yang terus berkembang. Dengan mendapatkan pemahaman yang mendalam terkait keamanan network yang terus berkembang, Anda akan dapat memperkuat pondasi keamanan perusahaan secara efektif dan memberikan pertahanan yang kuat terhadap potensi threat.

Untuk itu Multipolar Technology bersama Virtus Technology Indonesia mengadakan seminar Secure Resilience Your Network Security, yang telah diselenggarakan pada Kamis, 21 Maret 2024 pk 15.00–19.00, dan mengupas solusi-solusi keamanan jaringan dan dapatkan insight komprehensif mengenai dinamisnya keamanan network. Berkolaborasi dengan Palo Alto dan Rubrik, menghadirkan solusi keamanan network. Palo Alto XDR menyediakan pendekatan secara unified, modern, dan otomatis terhadap keamanan jaringan, dikolaborasikan dengan Rubrik sebagai solusi data management yang komprehensif, dilengkapi backup, recovery, dan tata kelola secara seamless.

 

BPD Forum 2024 | Becoming Data-Driven Organization: Analytics Strategy and Digital Landscape Acceleration

Digitalisasi yang berlangsung di berbagai sektor turut meningkatkan ekspektasi pelanggan kepada perusahaan untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi. Hal ini yang mendorong banyak perusahaan terkemuka untuk memanfaatkan data dan analitik agar bisa memenuhi harapan pelanggan, lebih kompetitif, dan relevan terhadap perkembangan bisnis.
Lalu, seperti apa inovasi yang tepat untuk menjawab ekspektasi digitalisasi pelanggan?

Hal ini dikupas tuntas dalam BPD Forum 2024 yang bertajuk “Becoming Data-Driven Organization: Analytics Strategy and Digital Landscape Acceleration” di Renaissance Bali Nusa Dua Resort, 5-7 Maret 2024.

Pemanfaatan platform big data berbasis AI mampu membantu mengolah data menjadi gambaran komprehensif terhadap kondisi pelanggan dan operasional bisnis. Hal ini tentu sangat dibutuhkan dalam penyusunan strategi, inovasi, dan pengambilan keputusan bisnis untuk mengakselerasi transformasi digital.

“Secure Your Analytics Data” dari IBM Indonesia menjadi topik pembuka dalam BPD Forum 2024, dilanjut pembahasan “Radical Resilience to Keep Your Business Running” dari Veeam. “Navigating Cybersecurity Challenges in Indonesia’s Banking Industry” dari Trend Micro Indonesia menjadi topik ketiga pada BPD Forum 2024, ditutup dengan “Cybersecurity Convergence: Readiness to Respond to Physical and Cyber Threats” dari Acer Indonesia.

Disrupsi teknologi yang terjadi saat ini memengaruhi semua industri, termasuk industri perbankan-keuangan. Semakin besar dan bervariasinya data yang berkembang kebutuhan bank terhadap suatu platform yang bisa menyimpan, hingga menganalisa secara cepat dan akurat juga semakin meningkat.

Topik ini diulas dalam sesi RoundTable Discussion yang membahas informasi terkini untuk membantu bank mendukung pengambilan keputusan bisnis yang tepat.

Sinergi Wahana Gemilang bersama IBM, Cisco, Dell Technologies, TechData bersama Microsoft, Red Hat bersama VTI dan juga Helios bersama Nutanix, keenamnya menjadi pembicara dalam RoundTable Discussion.

Dalam upaya memperluas ekosistem digital, diperlukan solusi end-to-end agar nasabah juga bisa semakin loyal dan meningkatkan kepuasan terhadap layanan yang diberikan.

“Safeguarding Open Banking Innovation: Web Application and API Protection for the Financial Sector” menjadi topik ketiga yang dibawakan F5 pada general session di hari kedua, ditutup dengan “Generative AI on Cloudera Data Platform” dari Cloudera.

RoundTable Discussion on IBM Automation with InfoKomputer

Sebagai event pamungkas di tahun 2023, Multipolar Technology kembali bekerja sama dengan IBM dan InfoKomputer membawakan solusi-solusi mumpuni bagi customer dari berbagai sektor industri. Acara diadakan pada 5 Desember di Shangri-La Hotel, Jakarta, dengan pembicara tamu Bp. Norman Sasono, CTO DANA.

Layanan digital yang telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari, menuntut tersedianya layanan yang andal bagi pelanggan dan efisien bagi bisnis. Infrastruktur digital seperti apa yang harus dipersiapkan untuk menjawab tren/tantangan tersebut? Nah, dalam acara ini diadakan sesi diskusi khusus untuk menjawab pertanyaan tersebut, melalui RoundTable Discussion untuk sesi diskusi yang lebih in depth antara peserta dan pemateri.

Dalam diskusi yang menarik ini, Multipolar Technology dan IBM membawakan 3 solusi, yaitu

  • IBM API Connect (running on top of IBM Cloud Pak for Integration/IBM CP4I platform), yang sangat penting untuk mengintegrasikan sistem dan memonetisasi API
  • IBM Storage Fusion, untuk penyimpanan dan manajemen data, memastikan sistem layanan tetap berjalan aktif, melakukan pencadangan terintegrasi yang bisa diskalakan ke beberapa situs, dan memulihkan data saat terjadi bencana
  • IBM Instana, solusi Application Performance Management yang memberikan visibilitas lengkap terhadap setiap request yang masuk ke aplikasi, membuat profil dari request itu, lalu mengorelasikan dan menganalisis datanya secara otomatis

Melalui sesi ini, diharapkan peserta bisa mendapatkan wawasan yang komprehensif tentang cara membangun layanan digital dengan memanfaatkan teknologi-teknologi terdepan.

Focus Group Discussion on IBM Security

Pada 29 November lalu di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Multipolar Technology bekerja sama dengan IBM menyelenggarakan Focus Group Discussion on IBM Security.

Meski 2023 akan segera berakhir, tak bosan kita harus terus memfokuskan penjagaan keamanan data. Data Privacy merupakan kebutuhan strategis untuk sebuah perusahaan menjaga keamanan data, di mana jika lengah sedikit, maka reputasi dan kerugian finansial menjadi taruhannya. Meskipun menghadapi tantangan keamanan data yang kompleks, bukan berarti tidak dapat diatasi. Nah, untuk itu butuh strategi pertahanan yang secara proaktif dapat mengidentifikasi, memproteksi, mendeteksi, merespons, dan menangani ancaman yang mungkin terjadi.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Multipolar Technology membawakan 2 solusi IBM dengan konsep Focus Group Discussion, agar peserta mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan berdiskusi secara lebih mendalam mengenai pentingnya perlindungan data seiring meningkatnya transformasi digital dan pemanfaatan cloud.

  • IBM QRadar Suite

Membantu menghubungkan informasi dan menjalankan fungsi secara otomatis, sehingga suatu kejadian dapat direspons secara cepat

  • IBM Guardium

Membantu memproteksi data dan mempermudah monitoring aktivitas database secara real time, sehingga data dan aplikasi aman terlindungi

Seminar Big Data & Digital Data Landscape

Digitalisasi meningkatkan ekspektasi pelanggan kepada perusahaan untuk bisa memberikan pengalaman produk yang dipersonalisasi bagi masing-masing pelanggan. Perusahaan yang melakukan inovasi di bidang data (data-driven organization) tentunya memiliki keunggulan kompetitif guna menjawab kebutuhan digitalisasi para pelanggannya.

Platform Big Data berbasis AI mampu mengolah data dengan karakteristik 5V (volume, velocity, value, variety, dan veracity) menjadi actionable insights. Hasilnya adalah gambaran komprehensif terhadap kondisi pelanggan dan operasional bisnis, serta analytics use cases yang sangat dibutuhkan oleh data-driven organization dalam pembuatan strategi dan keputusan bisnis.

Multipolar Technology kembali mengadakan acara tahunan untuk mempromosikan solusi unggulan kita dalam acara Becoming Data-Driven Organization: Analytics Strategy and Digital Landscape yang dilaksanakan pada 8-10 November 2023 di Aryaduta Bali. Hal yang menjadi topik utama dalam seminar ini adalah Big Data and Digital Data Landscape, yang diikuti oleh beberapa pelanggan terpilih, khususnya di sektor finansial.