RoundTable Discussion on IBM Automation with InfoKomputer

Sebagai event pamungkas di tahun 2023, Multipolar Technology kembali bekerja sama dengan IBM dan InfoKomputer membawakan solusi-solusi mumpuni bagi customer dari berbagai sektor industri. Acara diadakan pada 5 Desember di Shangri-La Hotel, Jakarta, dengan pembicara tamu Bp. Norman Sasono, CTO DANA.

Layanan digital yang telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari, menuntut tersedianya layanan yang andal bagi pelanggan dan efisien bagi bisnis. Infrastruktur digital seperti apa yang harus dipersiapkan untuk menjawab tren/tantangan tersebut? Nah, dalam acara ini diadakan sesi diskusi khusus untuk menjawab pertanyaan tersebut, melalui RoundTable Discussion untuk sesi diskusi yang lebih in depth antara peserta dan pemateri.

Dalam diskusi yang menarik ini, Multipolar Technology dan IBM membawakan 3 solusi, yaitu

  • IBM API Connect (running on top of IBM Cloud Pak for Integration/IBM CP4I platform), yang sangat penting untuk mengintegrasikan sistem dan memonetisasi API
  • IBM Storage Fusion, untuk penyimpanan dan manajemen data, memastikan sistem layanan tetap berjalan aktif, melakukan pencadangan terintegrasi yang bisa diskalakan ke beberapa situs, dan memulihkan data saat terjadi bencana
  • IBM Instana, solusi Application Performance Management yang memberikan visibilitas lengkap terhadap setiap request yang masuk ke aplikasi, membuat profil dari request itu, lalu mengorelasikan dan menganalisis datanya secara otomatis

Melalui sesi ini, diharapkan peserta bisa mendapatkan wawasan yang komprehensif tentang cara membangun layanan digital dengan memanfaatkan teknologi-teknologi terdepan.

Focus Group Discussion on IBM Security

Pada 29 November lalu di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Multipolar Technology bekerja sama dengan IBM menyelenggarakan Focus Group Discussion on IBM Security.

Meski 2023 akan segera berakhir, tak bosan kita harus terus memfokuskan penjagaan keamanan data. Data Privacy merupakan kebutuhan strategis untuk sebuah perusahaan menjaga keamanan data, di mana jika lengah sedikit, maka reputasi dan kerugian finansial menjadi taruhannya. Meskipun menghadapi tantangan keamanan data yang kompleks, bukan berarti tidak dapat diatasi. Nah, untuk itu butuh strategi pertahanan yang secara proaktif dapat mengidentifikasi, memproteksi, mendeteksi, merespons, dan menangani ancaman yang mungkin terjadi.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Multipolar Technology membawakan 2 solusi IBM dengan konsep Focus Group Discussion, agar peserta mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan berdiskusi secara lebih mendalam mengenai pentingnya perlindungan data seiring meningkatnya transformasi digital dan pemanfaatan cloud.

  • IBM QRadar Suite

Membantu menghubungkan informasi dan menjalankan fungsi secara otomatis, sehingga suatu kejadian dapat direspons secara cepat

  • IBM Guardium

Membantu memproteksi data dan mempermudah monitoring aktivitas database secara real time, sehingga data dan aplikasi aman terlindungi

Seminar Big Data & Digital Data Landscape

Digitalisasi meningkatkan ekspektasi pelanggan kepada perusahaan untuk bisa memberikan pengalaman produk yang dipersonalisasi bagi masing-masing pelanggan. Perusahaan yang melakukan inovasi di bidang data (data-driven organization) tentunya memiliki keunggulan kompetitif guna menjawab kebutuhan digitalisasi para pelanggannya.

Platform Big Data berbasis AI mampu mengolah data dengan karakteristik 5V (volume, velocity, value, variety, dan veracity) menjadi actionable insights. Hasilnya adalah gambaran komprehensif terhadap kondisi pelanggan dan operasional bisnis, serta analytics use cases yang sangat dibutuhkan oleh data-driven organization dalam pembuatan strategi dan keputusan bisnis.

Multipolar Technology kembali mengadakan acara tahunan untuk mempromosikan solusi unggulan kita dalam acara Becoming Data-Driven Organization: Analytics Strategy and Digital Landscape yang dilaksanakan pada 8-10 November 2023 di Aryaduta Bali. Hal yang menjadi topik utama dalam seminar ini adalah Big Data and Digital Data Landscape, yang diikuti oleh beberapa pelanggan terpilih, khususnya di sektor finansial.

Securing Today for a Safer Tomorrow

Pada 2 November lalu di Alila Hotel Jakarta, Multipolar Technology berkolaborasi dengan CNBC dan IBM, mengadakan seminar yang bertajuk Securing Today for a Safer Tomorrow dengan membawa solusi IBM QRadar Suite yang disampaikan oleh Chandra Chen dan Ignasius Oky.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, keamanan data menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Banyak sekali informasi pribadi yang tersimpan dan diteruskan secara online, yang berpotensi pada kebocoran data. Oleh karena itu solusi keamanan sangat dibutuhkan dalam melindungi data sensitif guna mendukung transformasi digital pada operasional bisnis.

Banyak perangkat terhubung ke jaringan perusahaan yang belum tentu aman, sehingga bisa menjadi celah masuknya ransomware. Dengan memanfaatkan solusi IBM QRadar Suite, ancaman-ancaman tersebut dapat dicegah karena aktivitasnya dapat dipantau melalui dashboard.

Solusi IBM QRadar EDR (sebelumnya IBM ReaQta) merupakan solusi yang juga berperan penting dalam menjaga keamanan data karena solusi ini mampu mendeteksi dan meremediasi ancaman pada endpoint secara otomatis, real-time, dan tanpa kerumitan, dengan keunggulan NanoOS yang tidak dapat di-disable oleh malware.

Infobank Outlook: Business Analytics and Artificial Intelligence Driving Change in Business Banking and Finance

Multipolar Technology dan IBM berkolaborasi dengan Infobank Institute, mengadakan Seminar Infobank Outlook: Business Analytics and Artificial Intelligence Driving Change in Business Banking and Finance, pada 18 Oktober lalu di Fairmont Hotel dengan membawa 2 solusi dari IBM yaitu IBM Consumer Identity and Access Management (CIAM) dan IBM Planning Analytics with Watson.

Disrupsi yang terjadi di industri keuangan tak terhindarkan lagi. Jika dulu untuk melakukan transaksi mesti ke ATM atau kantor cabang, kini transfer dana hingga membayar tagihan apa pun cukup dilakukan melalui aplikasi mobile banking yang ada di smartphone masing-masing. Strategi bisnis di sektor perbankan dan keuangan tentunya harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, seperti Big Data Analytics dan Artificial Intelligence.

Berikut ini adalah keunggulan dari rangkaian solusi IBM untuk melindungi keamanan data dan memenangkan persaingan bisnis di sektor perbankan dan keuangan:

– IBM Consumer Identity and Access Management (CIAM)

Membantu mengelola kebijakan akses dan identitas pelanggan agar bisa memberikan pengalaman yang aman dan lebih baik

– IBM Planning Analytics

Membantu proses perencanaan bisnis terintegrasi yang fleksibel berbasis AI, sehingga didapatkan analisa menyeluruh yang mencakup semua bagian dalam organisasi dan meniadakan silo

Digital Transformation Forum for Public Sector: How Digital Transformation is Driving Effective and Efficient Governance Principles

Pada 17 Oktober lalu di Hotel Pullman Thamrin, Multipolar Technology bekerja sama dengan Bisnis Indonesia dan IBM mengadakan seminar yang bertajuk Digital Transformation Forum for Public Sector: How Digital Transformation is Driving Effective and Efficient Governance Principles, dengan membawa solusi IBM Guardium yang mampu memproteksi data dan memudahkan pengelolaan data dengan fitur-fitur yang lengkap.

Hampir seluruh sektor bisnis dan pemerintahan, kini telah mengadopsi solusi teknologi terbaru. Gartner memperkirakan pada tahun 2025 sekitar 75% CIO dari lembaga pemerintah akan bertanggung jawab langsung atas keamanan di luar jaringan, termasuk lingkungan teknologi operasional yang kritis. Keamanan TI perusahaan juga menjadi prioritas utama untuk melindungi data dan aplikasi penting dari cyber-attack. Dibutuhkan solusi mumpuni untuk menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan.

Solusi dari IBM Guardium berperan sebagai perangkat lunak Database Activity Monitoring, untuk memproteksi data dan mempermudah monitoring aktivitas database secara real time, sehingga data dan aplikasi aman terlindungi.

Seminar Keep Your Performance Fast and Your Connections Secure

Solusi security yang menjadi fokus kita di tahun ini, kembali dibawakan dalam seminar bertema “Keep Your Performance Fast and Your Connection Secure” pada 4 Oktober 2023 lalu di Hotel Pullman Thamrin Jakarta, berkolaborasi dengan Cisco System Indonesia.

Sebagian besar CIO menyebut cybersecurity sebagai isu nomor satu mereka. Seiring berkembangnya teknologi, cybercrime juga terus beradaptasi dengan metode baru yang mengharuskan tim IT untuk selalu waspada. Ditambah lagi pola kerja hybrid working dengan akses internet dari mana saja, bisa menjadi malapetaka jika policy yang telah diterapkan di kantor ternyata tidak berjalan saat bekerja dari luar kantor.

Ada dua solusi dari Cisco yang dapat menjawab tantangan ini. Dengan Cisco Umbrella, bisnis dapat mencegah infeksi malware, memblokir serangan phishing, dan menerapkan kebijakan pemfilteran konten. Solusi Cisco Secure Email yang berbasis AI mampu mendeteksi dan menghentikan ancaman yang menyusup melalui email, sehingga proteksi makin mumpuni.

Peserta juga diberikan kesempatan eksklusif untuk mengikuti program free Ransomware Defense Assessment.

Seminar Memanfaatkan Otomatisasi untuk Pengelolaan Infrastruktur Digital

Multipolar Technology, IBM Indonesia, dan InfoKomputer kembali bekerja sama mengadakan seminar “Memanfaatkan Otomatisasi untuk Pengelolaan Infrastruktur Digital” pada 21 September 2023 di Fairmont Hotel. Dalam acara ini dibahas bagaimana di era kemajuan teknologi ini, perusahaan harus lebih fleksibel dan agile mengikuti tren dan kebutuhan yang ada dengan menggunakan layanan berbasis cloud, yang di sisi lain, ini merupakan tantangan yang harus dikelola oleh tim IT operation.

Ada tiga solusi yang dipaparkan, yaitu IBM Instana, IBM Turbonomic, dan IBM API Connect. Multipolarian semua bisa menyimak masing-masing keunggulan solusi tersebut di bawah ini!

  • IBM Instana

Secara real time mengidentifikasi kesehatan dan kinerja aplikasi dengan memberikan full visibility sehingga memudahkan dalam mendeteksi sumber masalah. Hasilnya, performa aplikasi, microservices, dan layanan berbasis cloud bisa maksimal.

  • IBM Turbonomic

Mampu melakukan auto-scaling resource yang dibutuhkan, baik pada data center on-premises maupun cloud. Hasilnya, jaminan aplikasi dapat terus tersedia, optimal, dan memberikan nilai efisiensi maksimal.

  • IBM API Connect

Menciptakan ekosistem baru yang memudahkan kolaborasi dengan 3rd party di ranah digital dengan integrasi yang simpel dan aman melalui otentikasi, otorisasi, kebijakan, dan enkripsi data. Hasilnya, tingkat konversi yang lebih tinggi, integrasi yang lebih cepat, dan peningkatan volume transaksi.

Seminar Ensure Data Protection and Resilience to Keep Your Business Running

Kali ini Multipolar Technology berkolaborasi dengan Google Cloud Indonesia, Synnex Metrodata dan Veeam, juga VST ECS dan Palo Alto, mengadakan seminar dengan tema “Ensure Data Protection and Resilience to Keep Your Business Running” pada 19 September 2023, dengan membawa 3 solusi yang dapat menunjang Business Continuity atau keberlangsungan bisnis, yaitu Veeam Backup & Replication, Google Cloud Platform, dan Palo Alto Prisma SASE.

Jaminan ketersediaan dan keamanan data 24/7 menjadi poin krusial bagi keberlanjutan bisnis (business continuity). Potensi kehilangan data di era digital tidak hanya bersumber dari kejahatan siber, tapi juga termasuk bencana alam, kerusakan perangkat, dan human error. Ada gak sih, strategi yang tepat untuk pencadangan data perusahaan??

Nah, dalam seminar ini juga dijelaskan ada strategi backup 3-2-1 yang merupakan praktik terbaik, dengan memiliki setidaknya 3 salinan data, di mana 2 salinan ditempatkan secara lokal di media yang berbeda, dan 1 salinan ditempatkan di offsite (seperti di Google Cloud Platform). Solusi backup & recovery Veeam mampu menjamin ketersediaan data baik di on-premises dan Google Cloud Platform. Dan ditambah proteksi dari Palo Alto agar data dapat diakses kapan dan di mana saja secara aman.

Solusi Veeam, Google Cloud, dan Palo Alto dengan Prisma SASE dapat berkolaborasi untuk menjadi tools yang tepat untuk memastikan ketersediaan data dan pengamanannya. Pada seminar ini memang dibawakan kolaborasi solusi yang apik!

Seminar Simplified Database Operations for Any Cloud

Pada tanggal 14 September 2023 lalu di Hotel AYANA Midplaza, Multipolar Technology bekerja sama dengan Nutanix mengadakan seminar yang bertajuk Simplified Database Operations for Any Cloud, dengan membawakan solusi Nutanix Database dan Nutanix Cloud Platform, dua solusi yang dapat berkolaborasi dan mampu mengelola database perusahaan dengan mudah dan efisien.

Database merupakan bagian penting dari aplikasi. Namun, pengelolaan database adalah hal yang kompleks dan butuh keahlian khusus. Dibutuhkan solusi yang tepat demi kelancaran operasi bisnis perusahaan.

Nutanix Database Service adalah database-as-a-service (DBaaS) yang mampu mengotomatisasi dan menyederhanakan manajemen lifecycle database di seluruh cloud lokal dan publik, dan memungkinkan pelanggan untuk mengelola ratusan hingga ribuan database secara efisien dan aman. Selain itu, Nutanix Cloud Platform dapat menyederhanakan operasi database yang kompleks dan membuatnya lebih efisien dan tangguh. Hal ini dapat membantu meningkatkan database responsiveness, mengurangi biaya operasi, dan menekan downtime yang tidak direncanakan.

Hasilnya, dua solusi yang ditawarkan oleh Nutanix ini mampu menyediakan manajemen database yang sederhana, efisien, dan tangguh bagi para pelanggan.