BNI Life Kembangkan Artificial Intelligence dan Data Analytics dengan Google Cloud

Jakarta, Indonesia, 19 Oktober 2022 – PT BNI Life Insurance (BNI Life) terus melakukan continuous improvements melalui inovasi dalam infrastruktur pengembangan artificial intelligence (AI) dan data analytics yang didukung oleh Google Cloud melalui mitranya, PT Multipolar Technology Tbk (Multipolar Technology), dan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Shadiq Akasya, Direktur Utama BNI Life menyebut kerja sama ini adalah wujud inovasi yang dilakukan BNI Life dalam rencana pengembangan digitalisasi perusahaan. Penerapan teknologi ini dimaksudkan untuk perbaikan proses bisnis di area operasional, terlebih di bagian Underwriting, Claims, dan Sales. Selain itu juga untuk membangun kapabilitas dan pengetahuan pegawai di bidang AI dan machine learning.

“Pengembangan AI dan data analytics mempunyai manfaat yang mencakup seleksi risiko calon nasabah, data profiling nasabah, mencegah terjadinya fraud dan risk monitoring serta meningkatkan efisiensi dalam proses bisnis perusahaan. Kami yakin dengan penerapan teknologi ini, BNI Life akan semakin siap untuk menghadapi perubahan industri asuransi jiwa yang begitu cepat, beragam, dan memiliki berbagai macam tantangan baru, sekaligus membantu perusahaan dalam mewujudkan inovasi layanan digital yang berkelanjutan,” pungkas Shadiq.

Megawaty Khie, Country Director, Indonesia, Google Cloud, mengatakan: “4 dari 5 institusi keuangan di kawasan Asia-Pasifik telah merencanakan peningkatan penggunaan teknologi cloud selama tiga tahun ke depan. Mereka percaya bahwa cloud mampu menyimpan dan mengatur petabyte data dengan cara paling cepat dan hemat biaya, serta memfasilitasi penerapan data analytics dan alat bantu AI untuk menghadirkan pengalaman yang personal kepada generasi baru pengguna digital-first.”

“BNI Life adalah salah satu dari institusi keuangan terkemuka yang memanfaatkan infrastruktur dan layanan cloud, keahlian implementasi teknis, dan bakat kejuruan yang terampil untuk mempercepat inovasi dan melayani pelanggan lebih baik, sambil memenuhi persyaratan peraturan dan kepatuhan. Selain sebagai penyedia infrastruktur dan layanan cloud data yang terukur, aman, dan berkelanjutan, Google Cloud akan terus berkolaborasi dengan mitra lokal – seperti dengan Multipolar Technology – dan dalam inisiatif pelatihan dengan banyak lembaga pendidikan, untuk memastikan bahwa kita memiliki ekosistem yang kuat dan menyeluruh guna memenuhi kebutuhan transformasi digital di lebih banyak organisasi di Indonesia seperti BNI Life,” tambah Megawaty.

Herryyanto, Direktur Account Management FSI dan Commercial Multipolar Technology, menuturkan bahwa industri asuransi di tanah air sedang bertransformasi menuju layanan yang modern, lengkap, dan relevan, khususnya terhadap kebutuhan generasi milenial di era digital saat ini. Teknologi advanced analytics dari Google Cloud dapat diterapkan di setiap lini dan proses bisnis secara end to end, dalam upaya tercapainya operational excellence dan customer experience terbaik.

“Transformasi bisnis menuju kinerja yang berkelanjutan serta solusi-solusi inovatif adalah kunci untuk menghadapi pasar yang sangat dinamis, bervariasi, dan memiliki banyak tantangan baru. Multipolar Technology sangat mengapresiasi inisiatif BNI Life mempercayakan teknologi Google Cloud untuk menghadirkan terobosan dan nilai tambah pada layanan serta memberikan kemudahan bagi pengguna dan pelanggan. Kami siap mendukung kolaborasi tersebut dengan menghadirkan best practice terbaik juga dukungan tim ahli kami yang berpengalaman serta kompeten di bidangnya,” tambah Herryyanto.

###

Tentang BNI Life

BNI Life dengan slogan #EazyLifeBNILife juga memberikan pelayanan terbaik melalui:

 

  1. Eazy Claim
  2. Klaim 25 menit merupakan inovasi kami untuk kecepatan layanan klaim dengan mempersingkat proses klaim (reimbursement) *syarat dan ketentuan berlaku
  3. One Day Service merupakan layanan pembayaran manfaat asuransi seperti pembayaran tahapan, jatuh tempo, bonus sehat, dan penarikan dana investasi dalam 1 (satu) hari
  4. Digiclaim merupakan layanan claim digital melalui aplikasi BNI Life Mobile
  5. Eazy Access
  6. Jaringan Rumah Sakit rekanan yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia, Singapura dan Malaysia dan lebih dari 3104 jaringan provider Rumah Sakit, Klinik, Laboratorium/Optik
  7. Kantor Layanan di kota-kota besar di Indonesia
  8. Kantor cabang Bank BNI terdekat dengan dukungan Bancassurance Specialist dan agen pemasar yang andal dan terpercaya dalam memberikan layanan perencanaan keuangan
  9. Eazy Connect
  10. Website: bni-life.co.id
  11. Social Media (Instagram, Facebook dan Twitter) di @bnilifeid
  12. Call Center 1-500-045
  13. Email Center di [email protected]
  14. Provider Help Desk 24/7

 

Terhitung sejak 9 Mei 2014, BNI Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa joint venture dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebagai pemegang saham pengendali sebesar 60,000000%, Sumitomo Life Insurance Company memiliki 39,999993%, 0,000003% dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Karyawan (YKP) BNI, dan 0,000003% dimiliki oleh Yayasan Danar Dana Swadharma (YDD).

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Corporate Secretary, Legal dan Corporate Communications – Hubungan Kelembagaan dan Humas

Telp: (+62-21) 2953 9999 ext. 1125

E-mail: [email protected]

Alamat: PT BNI Life Insurance – Centennial Tower 9th Floor

Jl. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930