NEWS

13 November 2017, Investor Daily Cetak - GTN Sediakan Co-location Data Center untuk WEHA

Oleh Emanuel Kure

JAKARTA — PT Graha Teknologi Nusantara (GTN), anak usaha PT Multipolar Technology Tbk (MLPT), yang merupakan penyedia pusat data (data center) di Indonesia menyediakan layanan co-locafion data center untuk PT WEHA Transportasi indonesia Tbk (WEHA). Artinya, GTN menyediakan server khusus dan layanan penunjang bagi WEHA pada layanan pusat datanya.

GTN memastikan, layanan co-location yang disediakan mampu meningkatkan performa bisnis WEHA. Karena, sebagai perusahaan penyedia jasa transportasi, perseroan akan lebih fokus pada bisnis utamanya tersebut. Sedangkan pengelolaan pusat datanya (managed services data center) ditangani oleh GTN. Vice President Sales GTN Tjetjep Dharmawan mengatakan, GTN menyediakan fasilitas layanan data center yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh WEHA. Fasilitas yang diberikan berupa ketersediaan rak server, suplai listrik, layanan koneksi, serta keamanan lokasi data center yang mumpuni. "Keuntungan dengan menggunakan data center milik GTN, tillgkat ketersediaan listrik menjadi nomor satu, serta sistem keamanan yang tangguh. Karena, kami bekerja sama dengan SECOM, sebuah perusahaan keamanan nomor satu di Jepang. Kami juga memberikan layanan dari cooling sistem yang sangat baik," tutur Tjetjep di Jakarta, Jumat (10/11). Di samping itu, lanjut dia, GTN menyediakan layanan managed service. Artinya, pelanggan (customer) menaruh server di dalam data centernya dan GTN melakukan tindakan yang diperlukan untuk membantu, sehingga customer tidak perlu datang ke data center. Pelanggan cukup memerintahkan saja dari kantornya, dan GTN akan mengeksekusinya.

Tjetjep menjelaskan, hal utama paling krusial yang dibutuhkan customer untuk memastikan keberlangsungan operasional data center adalah sumber listrik. GTN pun memastikan ketersediaan suplai listrik yang mumpuni. Pasalnya, GTN menggunakan dua powerplan yang berbeda dari PT Cika-rang Listrindo Tbk, sebagai penyedia utama sumber listrik. Selain itu, GTN memiliki 3 buah genset yang didukung dengan fasilitas diesel rotary uninterruptible power supply (DRUPS). Kehadiran DRUPS untuk memastikan ketersediaan listrik jika sewaktu-waktu sumber listrik utama mengalami gangguan. "Jadi, kami memastikan bahwa sumber listrik kami available setiap saat, sehingga akan memberikan rasa nyaman kepada setiap customer. Ini yang membedakan GTN dengan penyedia data center lainnya di Indonesia," ujarnya.

Terkait sistem keamanan lokasi, Tjetjep menjelaskan, GTN bekerja sama dengan vendor security kenamaan asal Jepang, yaitu SECOM. Kehadiran SECOM memastikan seluruh keamanan lokasi GTN berjalan optimal. "Untuk dapat masuk ke dalam lokasi data center, seseorang harus melewati tujuh tahap security check. Semua proses itu harus dilewati baru bisa masuk. Jadi, kami pastikan bahwa customer akan merasa nvaman ketika mereka menaruh server di GTN, termasuk WEHA," jelas Tjetjep.

Tingkatkan Performa PT WEHA Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) mulai bekerja sama dengan GTN sejak awal 2017. Melalui kerja sama tersebut, WEHA pun telah mempercayakan 100% pengelolaan data center-nya kepada GTN. Hal itu dilakukan supaya WEHA bisa fokus pada bisnis utamanya sebagai penyedia jasa transportasi darat. Sedangkan urusan managed data center diserahkan kepada GTN. Bahkan, ketika merambah bisnis jasa pemesanan secara online mulai September tahun ini, telah terjadi peningkatan jasa pemesanan online sebesar 10% hingga sekarang. "Kami percaya kepada GTN karena memenuhi kriteria yang kami inginkan, yaitu sesuai dengan standar ISO. Bahkan, lcetika kami fokus ke bisnis utama, terutama ketika kami mulai masuk ke sistem pemesanan itu terjadi peningkatan pelanggan 10%. Padahal, itu baru kami mulai September. Jadi, sekarang ini, kami lebih fokus ke bisnis utama. Urusan data center kami serahkan kepada GTN." ungkap Korynsan, senior IT manager WEHA. Korynsan menuturkan, alasan memilih GTN sebagai pengelola data center didasarkan beberapa pertimbangan.

Investor Daily cetak - GTN Sediakan Co-location Data Center untuk WEHA