NEWS

18 June 2013, Analis: IPO Multipolar Technology Cukup Menarik

INILAH.COM, Jakarta - Harga perdana saham PT Multipolar Technology di kisaran Rp425-Rp500 per saham, akan menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi para investor.

Head of Research PT Trust Securities, Reza Priyambada mengatakan, dalam menentukan harga pihak Multipolar Technology menggunakan Price Earning Ratio (PER) lebih tinggi, dibandingkan emiten yang bergerak di bidang yang sama dengan Multipolar.

"Soalnya PER emiten IT di 11,13x, itupun tidak termasuk DNET yang PER nya 400an," kata Reza kepada INILAH.COM, Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Walau PER yang digunakan Multipolar lebih tinggi, kata Reza, dalam menentukan harga kisaran tersebut masih terbilang relatif murah untuk perusahaan teknologi. Sehingga, harga tersebut diperkirakan akan mendapat respon positif dari para investor.

"Sebenarnya meski secara PER lebih tinggi, tapi dari sisi harga cukup menarik dibandingkan emiten IT lainnya. Secara nominal lebih murah, bandingkan sama DNET yang sekitar Rp800 dan ASGR dikisaran Rp1500," tutur dia.

PT Multipolar Technology menawarkan harga perdana saham berada di kisaran Rp425-Rp500 per lembar saham. Sehingga, perseroan akan memperoleh dana hasil IPO sekitar Rp159,37 miliar-Rp187,5 miliar.

"Harga tersebut terbilang murah, PER nya 12 sampai 14 kali, ini menarik. Kami juga mengincar investor domestik, karena saham yang kita tawarkan sedikit," kata Direktur PT Ciptadana Securities John Herry Teja dalam Due Diligence Meeting dan Public Expose di Jakarta.

Menurut Teja, PT Multipolar Technology akan menawarkan 375 juta saham dengan nilai nominal Rp100 setiap saham atau setara dengan 20% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh dalam rangka penawaran perdana saham.

Dana hasil penawaran perdana saham antara lain sekitar 28% digunakan untuk belanja modal pada 2013-2014, sekitar Rp46,50 miliar untuk membayar utang kepada pemegang saham perseroan, dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan untuk biaya operasional perseroan.

Sumber: www.pasarmodal.inilah.com